Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun, Lapas Pematang Siantar Raih Prestasi Gemilang

2638

Medan, Lensawarga.com – Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke 60 tahun ini diperingati tangal 27 April, Tujuan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan adalah sebagai media evaluasi untuk memperkokoh komitmen seluruh insan Pemasyarakatan dalam mewujudkan Tujuan dari Sistem Pemasyarakatan.

Foto:Kalapas Pematangsiantar M.Pitra Jaya Saragih Saat Meneriama Piagam Penghargaan
Foto:Kalapas Pematangsiantar M.Pitra Jaya Saragih Saat Meneriama Piagam Penghargaan

Adapun kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun ini diawali dengan pembukaan rangkaian HBP dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Bakti Sosial, Pembagian takjil, donor darah, mudik gratis pemasyarakatan, Pelaksanaan Tusi Pemasyarakatan, Pemasyarakatan Sehat, Lomba MTQ dan dakwah tahanan, Narapidana dan anak binaan, Safari Ramadhan, Apel Siaga 3+1 berantas Halinar, Program Bangga menggunakan produk dalam Lapas, Warga Binaan Got’s talent.

Ada juga beberapa pemberian Penghargaan daiantaranya penghargaan (Penilaian UPT Pemasyarakatan Terbaik, Petugas berprestasi, Pelopor Pembangunan Zona integritas WBK/WBBM Tahun 2023.

Olahraga (Pertandingan Olahraga Petugas / warga binaan, Festival Pemasyarakatan, Upacara (Tabur bunga, Upacara dan Syukuran HBP ke-60).

Upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan dilaksanakan baik di tingkat Wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Seluruh Indonesia. Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara tahun ini dipusatkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan.

Upacara diikuti oleh jajaran petugas UPT Pemasyarakatan sekitar Medan serta dihadiri Para Kepala UPT yang menerima penghargaan, yang dalam hal ini Lapas Kelas II A Pematang Siantar diwakili oleh Bapak Kalapas Pematang Siantar M.Pithra Jaya Saragih menerima penghargaan karena menorehkan prestasi dalam ajang perlombaan memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 sebagai “Juara Favorit” kategori Inmate Got’s Talent.

Loading...

Sedangkan untuk upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan UPT se-Pematang Siantar dipusatkan di Lapas Kelas II A Pematang Siantar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bapak Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas II A Pematang Siantar, Bapak Robinson Perangin Angin membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Adapun Tema Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024 ini adalah “ Pemasyarakatan PASTI Berdampak”.

Foto bersama di Hari Bakti Ke-60
Foto bersama di Hari Bakti Ke-60

“Pemasyarakatan bukan sekadar tentang tembok dan jeruji yang kokoh, tapi juga tentang mengembalikan pelanggar hukum ke masyarakat dengan baik,” ungkap Robinson Perangin Angin membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, Sabtu (27/4/2024).

Dengan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60 tahun ini, diharapkan komitmen untuk mewujudkan Pemasyarakatan yang berdampak terus diperkuat. Semangat untuk memberikan kesempatan kedua kepada narapidana, membimbing mereka menuju perubahan positif, dan mengintegrasikan mereka kembali ke masyarakat menjadi prioritas utama.

Sebelum mengakhiri sambutan, Beliau berpesan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, berikan darmabaktimu melalui pengabdian terbaik. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng secara simbolis Bapak Robinson Perangin Angin beserta seluruh jajaran.

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :