6 Jenis Lensa Kamera yang Sering Digunakan Fotografer

Lensawarga.com – Ketika kita memilih sebuah kamera, tentunya kita juga harus mengetahui jenis-jenis lensa kamera yang sering digunakan. Mengetahui jenis lensa ini akan membuat pengalaman menggunakan kamera baik itu jenis mirrorless maupun DSLR menjadi lebih menarik. Karena, setiap lensa memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda.

Jenis Lensa Kamera

Ketika kita tidak mengenali jenis-jenis lensa yang bisa dibongkar pasang pada sebuah kamera ini, maka kita hanya akan terfokus pada brand dan varian kamera saja. Padahal mengetahui ragam jenis lensa bisa membuat kamu lebih bisa mengeksplor banyak jenis pengambilan foto yang berbeda lho! Jadi, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : 5 Kamera Mirrorless Murah Terbaru 2018 yang Cocok buat Vlogger

1. Lensa Kit : Jenis Lensa Kamera Biasa

Loading...

Ini merupakan nama yang diberikan untuk lensa bawaan atau yang memang sudah dilengkapi oleh produsen saat kita membeli sebuah kamera. Jadi, ini adalah lensa standar yang bisa dijadikan pelengkap ketika hendak menggunakan kamera tersebut nantinya. Biasanya, lensa ini tidak menggunakan bahan material yang tergolong mahal. Tapi, ini bukan berarti lensa tersebut jelek dan tidak layak untuk digunakan.

Lensa bawaan setiap kamera ini akan memiliki beragam apertures yang memiliki beragam bukaan diafragma sesuai dengan kebutuhan. jadi, kamu bisa melakukan zooming seperlunya. Hanya saja, jika dibandingkan dengan beberapa jenis lensa lainnya, lensa kit ini memang tidak terlalu baik dalam hasil pengambilan gambar. Tapi, jenis lensa standar ini bisa menjadi salah satu media untuk belajar mengambil sudut pandang yang cocok.

2. Telephoto Lens (Lensa Tele)

Sebagian dari kita mengenali jenis lensa yang satu ini dengan sebutan lensa tele. Bisa melakukan pembesaran objek yang tergolong jauh adalah salah satu fungsi lensa yang banyak diminati ini. Lensa tele ini sendiri memiliki banyak ragam yang disesuaikan dengan bukaan diafragma maupun focal length. Ini adalah jenis lensa yang bisa digunakan untuk mengambil pemotretan jarak jauh dan tetap mendapatkan detail yang maksimal.

3. Lensa Makro

Sesuai dengan namanya, ini adalah lensa yang digunakan untuk memotret bagian detail objek yang berukuran kecil. Jadi, kita bisa menggunakannya pada beragam objek spesifik yang mungkin tidak bisa ditangkap oleh lensa biasa lainnya. Lensa Makro adalah bagian jenis lensa favorit bagi orang-orang yang mencintai fotografi mikro. Dimana kamu bisa menggunakan lensa ini untuk melihat lebih detail tentang tubuh serangga, tetesan embun, dan jenis pemandangan mikro lainnya.

4. Lensa Wide Angle

Seperti namanya, ini adalah lensa yang memberikan sudut pandang yang luas. Jadi, jika kita menggunakan lensa ini, maka kita bisa menggabungkan lebih banyak objek untuk difoto dalam satu kali pengambilan gambar. Kemampuan dari pengambilan cahaya bisa dilakukan oleh kedua sisi dari lensa ini. Sehingga kita bisa menghasilkan gambaran objek yang lebih luas. Bahkan, beberapa varian lensa ini bisa menghasilkan bagian distorsi di sebagian atau kedua sisi lensanya.

5. Lensa Fixed Focal

Dikenal juga dengan nama lain prime lens, ini adalah lensa yang tidak memiliki kemampuan untuk memperbesar atau zoom dari objek foto. Walaupun lensa ini memiliki kekurangan dimana kita tidak bisa menghasilkan zooming objek, namun ini akan menfokuskan pada satu titik pandang. Jadi, bukaan diafragma yang dihasilkan oleh lensa menjadi cukup besar. Ini dikarenakan satu titik fokal yang difokuskan. Dengan adanya titik fokus ini, maka objek yang akan kamu ambil akan lebih menonjol dengan latar yang tidak jelas atau blur. Ini adalah jenis lensa yang digunakan pada pengambilan foto portait.

6. Lensa Fisheye : Jenis Lensa Kamera Sudut Pandang Esktrim

Mungkin, ini bukanlah jenis lensa yang biasa digunakan untuk pemotretan sehari-hari. Namun, keunikan dari sudut pandang pengambilan gambar pada lensa fisheye ini sangat menarik untuk digunakan. Hasil gambaran yang ditangkap oleh lensa ini biasanya akan terbentuk seperti cembungan. Sudut pandang yang dimiliki lensa ini mencapai 100 hingga 180 derajat kemiringan.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Panasonic Mirrorless Lumix S1R dan S1

Nah, demikianlah jenis-jenis lensa kamera yang bisa digunakan untuk keperluan fotografi. Jenis lensa tersebut bisa diganti dan disesuaikan dengan kegunaan pemotretan. Lensa yang mana nih yang belum kamu miliki?

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :