Cara Mudah Menggunakan Kamera DSLR Bagi Pemula

513

Lensawarga.com – Apakah kamu seorang yang sangat suka dengan jenis kamera DSLR tapi tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya? Untuk itu, kali ini kita akan membahas cara mudah menggunakan kamera DSLR bagi pemula. Kamera DSLR ini biasanya digunakan untuk para profesional. Namun, jika kamu ingin mendalami lebih banyak tentang fotografi, sangat penting mengetahui cara praktis penggunaan kamera yang satu ini.

Cara Mudah Menggunakan Kamera DSLR

Kamera ini biasanya jarang digunakan oleh para pemula. Karena tingkat kerumitannya melebihi kamera jenis mirrorless. Namun, ada banyak fitur-fitur terbaik yang bisa kamu gunakan seandainya mengetahui beragam cara untuk menggunakan kamera DSLR ini. Apa-apa saja? Yuk simak penjelasannya di bwah ini.

Baca Juga : 5 Kamera Mirrorless Murah Terbaru 2018 yang Cocok buat Vlogger

1. Kenali Jenis Tombol Dasar dan Penggunaannya

Tentunya, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah mengenali beragam tombol-tombol dasar yang ada di kamera DSLR ini. Jika tidak mengenali tombol-tombol tersebut, bagaimana kamu nanti menggunakannya? Ada banyak aplikasi yang akan membantu dirimu untuk mengenali apa-apa saja fungsi tombol dasar yang dimiliki kamera DSLR tersebut. Bahkan, menggunakan buku panduan juga bukan hal yang buruk. Setidaknya, pelajari terlebih dahulu apa kegunaan dari tombol-tombol tersebut.

2. Kenali Fitur ViewFinder

Jika ingin membidik sebuah objek menggunakan jenis kamera DSLR, maka fitur viewfinder adalah hal yang perlu dipelajari dan dibiasakan. Apa itu viewfinder? Ini adalah nama dari celah kaca yang terletak di bagian belakang kamera berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai pemindai sebuah objek.

3. Tentukan Lensa Mana Yang Pas

Loading...

Memiliki banyak jenis lensa yang bisa digunakan dalam berbagai jenis kesempatan dan kegunaan adalah salah satu hal terbaik dari kamera DSLR ini. Jadi, kami bisa menentukan jenis lensa mana yang akan digunakan dan cocok untuk pemotretan tersebut. Untuk menentukannya, pastinya kamu dituntut untuk mengetahui fungsi, kelemahan dan kelebihan masing-masing jenis lensa yang digunakan. Dan hal penting lainnya adalah harus selalu membersihkan lensa kamera setiap kali selesai menggunakannya. Lensa yang tidak bersih bisa mempengaruhi hasil dari bidikan foto tersebut.

4. Tentukan Mode Fotografi Yang Sesuai

menggunakan fitur dial mode, maka kamu bisa mengganti jenis mode fotografi yang sesuai dan cocok untuk kebutuhan pemotretan. Bahkan, jika kamu sudah mengenali puluhan fotografi, untuk pengambilan gambar menggunakan kamera ponsel sekalipun akan sangat menakjubkan. Karena, ada banyak sekali pilihan fotografi yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan hasil yang didapatkan.

5. Kenali Teknik Pencahayaan

Cahaya adalah salah satu elemen dasar yang diperlukan dalam ilmu fotografi. Dimana hasil pemotretan yang memainkan fitur cahaya akan menghasilkan efek luar biasa. Jadi, ini adalah hal yang patut dikenali lebih dalam jika ingin menggunakan kamera ini secara maksimal. Hasil foto yang tajam bisa diatur sesuai dengan jumlah atau kapasitas cahaya yang ditangkap oleh lensa kamera.

6. Mengunci Letak Titik Fokus

Titik fokus yang diarahkan pada lensa kamera akan menentukan sebagaimana hasil dan ketajaman gambar yang didapat. Meletakkan titik fokus yang cocok dengan latar belakang adalah hal terbaik untuk menghasilkan hasil foto yang tajam. Dan, jika kamu berusaha menggunakan lensa dan mencari titik fokus, maka lama kelamaan kamu akan mulai pandai menentukan fokus terbaik. Bahkan, jika kamu pandai menentukan latar belakang yang pas, hasil foto yang kamu dapatkan akan terlihat lebih nyata dan berwarna.

7. Bijak Dalam Penggunaan Flash Kamera

Untuk bisa menghasilkan foto yang terlihat indah, tajam dan natural maka cahaya adalah sumber terbaik. Namun, bantuan flash kamera juga biasa digunakan untuk penambahan cahaya pada lokasi yang minim cahaya. Hanya saja, warna yang ditimbulkan akan terlihat kurang natural. Untuk itu, lebih bijak menentukan kapan harus menggunakan flash tersebut. Sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan flas kamera agar warna-warna dan detail objek yang ditangkap kamera lebih terlihat jelas. Tapi, bukan berarti penggunaan flash dilarang, ini adalah seni dan seni hanya bisa diasah dan dikuasai oleh sang pemilik. Untuk itu, rajin-rajinlah menggunakan pengaturan cahaya yang terbaik.

8. Bermain Dengan Kontras Warna

Bukan hanya editing saja yang bisa menghasilkan paduan warna-warna indah yang membuat hasil foto lebih memukau. Padahal penggunaan fitur-fitur dasar di kamera DSLR saja sudah sangat mumpuni untuk hasilkan foto berkualitas. Terutama di bagian kontras dan warna. Bahkan, efek monokrom yang otomatis hanya terdiri dari hitam putih juga bisa memberikan kesan indah di dalam sebuah foto.

Baca Juga : 6 Jenis Lensa Kamera yang Sering Digunakan Fotografer

Untuk itu, mengetahui cara menggunakan kamera DSLR harus dimulai dengan mengenali fungsi tombol dan komponen yang dimilikinya. Kenali lebih banyak tentang mode pemotretan yang dimiliki oleh kamera tersebut dan perlahan cobalah beragam mode yang tersedia.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :