Para Gamers Wajib Tahu, 5 Tips Memilih Ponsel Gaming

429

Lensawarga.com – Para penikmat game, alias gamers pastinya biasa menggunakan beragam console game favorit. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kita sudah bisa menikmati game melalui smartphone. Jadi, akan lebih mudah dan menyenangkan. Pasalnya, ponsel gaming ini bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Tips Memilih Ponsel Gaming

Namun, tidak semua ponsel yang beredar bisa dijadikan sebagai ponsel gaming lho! Karena, ada beberapa hal yang harus terpenuhi jika ingin menggunakan ponsel sebagai salah satu alat bermain game. Nah, bagi kamu yang sangat suka sekali bermain game, pastinya harus mengetahui 5 tips memiliki ponsel gaming berikut ini, ya!

Baca Juga : Rugi Kalau Belum Punya Xiaomi Redmi 4X, Ponsel Murah Kualitas Mewah

1. Kapasitas Penyimpanan Internal

Sudah tahu bukan yang namanya ROM? Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan penyimpanan memori internal. Alias, seberapa besar kapasitas ponsel gaming yang bisa kamu gunakan nantinya. Nah, jika ponsel yang akan kamu pilih sudah dilengkapi dengan memori internal sebanyak 64 GB maupun 164 GB, ini sudah cukup aman.

Sayangnya, kebanyakan ponsel canggih yang beredar sekarang masih menggunakan memori internal sebesar 16 GB maupun 32 GB. Ini akan terasa pas-pasan apalagi jika kamu ingin menyimpan banyak permainan ber-genre MOBA ataupun permainan 3D lainnya. Karena, kebanyakan game tersebut sekarang sudah dilengkapi dengan ukuran yang melebihi 1 GB.

Loading...

Bukankah kita bisa menggunakan dan menambahkan micro SD alias memori eksternal? Ya, memang kita bisa menggunakan opsi yang satu ini. Namun, kebanyakan game sekarang tidak mengizinkan penyimpanan data di memori eksternal. Kecuali, jika kita melakukan rooting yang beresiko.

2. Ketahanan Baterai Ponsel Gaming

Poin lain yang juga tak kalah penting adalah masalah daya tahan baterai. Jika kita bermain menggunakan ponsel yang daya ketahanannya kurang atau masih dibawah 2 -3 jam pemakaian. Maka, ini akan menjadi salah satu masalah yang menjengkelkan.

Kenapa? Bayangkan saja kamu harus berhenti ditengah-tengah permainan hanya karena kehabisan daya baterai. Pastinya akan sangat menjengkelkan bukan? Untuk itu, sebisa mungkin cobalah mencari ketahanan daya yang pas untuk bermain. Setidaknya yang bisa digunakan diatas 5 jam.

3. Resolusi dan Ukuran Layar

Sebenarnya, tidak masalah jika memilih ukuran layar ponsel yang lebih kecil, 4 inci misalnya. Namun, kenyamanan dalam bermain akan lebih berkurang. Karena, ada banyak permainan yang memerlukan banyak tombol visual. Misalnya saja game-game battle royal yang marak dimainkan saat ini. Bukankah akan lebih sulit menyentuh beragam tombol visual dengan ukuran layar yang kecil?

Nah, inilah mengapa sangat disarankan menggunakan ukuran layar yang lebih besar. Tapi, salah satu solusi yang banyak digunakan para pembuat ponsel canggih saat ini adalah fitur layar penuh. Jadi, kamu yang hobi nge-game sudah tidak perlu risau lagi.

Bagaimana dengan resolusi? Sebuah ponsel yang memiliki resolusi tajam akan lebih enak untuk digunakan ketika bermain. Kamu pastinya tidak ingin permainan kamu terganggu hanya karena sulit mengidentifikasi item yang terlihat bukan? Jadi, setidaknya, pilihlah yang sudah dilengkapi dengan layar full HD.

4. RAM Ponsel Gaming

RAM ini adalah istilah untuk penyimpanan data sementara yang sedang berlangsung dalam ponsel kamu nantinya. Jadi, semakin baik jenis dan semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki ponsel tersebut semakin nyaman untuk digunakan. Karena, jika RAMnya terlalu kecil seperti 1 GB atau 1.5GB ini akan menyebabkan permainan tidak bisa dijalankan dengan baik.

Jadi, setidaknya gunakanlah ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang lebih besar setidaknya 2 atau 3 GB. Hanya saja, RAM yang digunakan pada ponsel canggih sudah sangat bervariasi sekarang ini. Terkadang RAM yang berkapasitas besar juga tidak menjamin prosesnya juga cepat.

5. Chipset dan GPU

Nah, poin terakhir yang perlu diperhatikan adalah GPU serta chipset dari ponsel tersebut. Ini merupakan media yang digunakan dalam pengolahan data di dalam sebuah ponsel. Untuk itu, cobalah memilih yang pas untuk spesifikasi game yang akan dimainkan nantinya.

Baca Juga : Harga dan Game Google Stadia Bocor Menjelang Acara E3

Demikianlah 5 tips memilih ponsel gaming agar bisa memainkan beragam permainan kesukaan hanya melalui smartphone. Cukup mudah bukan? Namun, kamu harus benar-benar memahaminya agar tidak salah dalam memilih ponsel gaming.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :