Mengenal Tempered Glass

89

Lensawarga.com – Salah satu teknologi terbaru yang lagi rame–ramenya di pasaran adalah Tempered Glass yang memiliki banyak fakta menarik untuk dikenal. Kali ini Lensawarga akan mengulas artikel seputar mengenal Tempered Glass.

Mengenal Tempered Glass

Apa Itu Tempered Glass?

Tempered Glass adalah kaca yang terbuat dari kaca float dengan kualitas tinggi yang melalui proses pemanasan thermal yang cukup rumit. Dalam proses pembuatannya kaca dipanaskan terlebih dahulu sampai dengan titik lunaknya, lalu selanjutnya didinginkan secara cepat untuk mendapatkan hasil yang baik.

Sebelum anda membeli produk yang digadang-gadang mampu memberikan kekuatan atau ketahanan anti pecah terbaik ini, mungkin lebih baik kalau anda mengenali fakta Tempered glass terlebih dahulu.

Baca Juga : Rekomendasi Ponsel bagi Pelajar dengan Spesifikasi yang Apik

Loading...

Tempered glass digadang-gadang memiliki kekuatan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kaca smartphone biasa, berikut adalah daftar kelebihan sekaligus hal yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan tempered glass antara lain adalah :

First Thing First

Benarkah tempered glass lebih baik untuk kaca smartphone? Kali ini kita akan membahas mengenai tempered glass yang nantinya mungkin bisa anda bandingkan dengan jenis kaca pelindung smartphone lainnya.

Belajar Tahu dan Mengerti Asal Kekuatan Tempered Glass dari Cara Pembuatannya

Tempered merupakan salah satu proses perlakuan panas yang setiap bendanya dibentuk atau setidaknya mengalami pengaturan suhu yang berbeda–beda. Perlakuan Panas yang dimaksud bisa jadi seperti proses pemanasan atau pendinginan dalam jangka waktu tertentu.

Tempered Glass untuk Android

Bagi anak teknik kata tempered berhubungan dengan proses ‘memperkuat’ suatu material termasuk kaca dengan cara dipanaskan atau didinginkan dalam jangka waktu tertentu dan merupakan teknologi terdepan yang masih panas-panasnya.

Untuk lebih mempermudah membedakan ‘tempered or not’, kaca tempered dan yang tidak tempered itu bisa anda bayangkan seperti proses pembuatan selongsong besi. Banyak Teknik yang digunakan.

Yang membedakan, satunya hanya langsung dicetak setelah dibuat tanpa mendapatkan perlakuan panas atau proses lanjutan lainnya. Hanya sekedar dicetak dan umumnya masih raw.

Sedangkan yang satunya mengalami proses tambahan perlakuan panas atau pengaturan suhu untuk membuat karakteristiknya menjadi jauh lebih kuat. Dengan dipanaskan kemudian secara cepat didinginkan dalam ruangan tertentu serta suhu yang dijaga seimbang.

Cara pembuatan tempered glass adalah dengan memanaskan kaca pada suhu sekitar 600 derajat celcius kemudian didinginkan secara cepat untuk mendapatkan kaca yang jauh lebih kuat bahkan bisa dikatakan 5 kali lebih kuat dibandingkan kaca smartphone biasanya.

Baca Juga : 7 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Pilih yang Mana?

Tempered Glass untuk Smartphone

Kenali terlebih dahulu perbedaan sifat material tempered and non tempered glass. Tempered glass memang memberikan kekuatan anti pecah yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kaca non–tempered.

Meski selain soal kekuatannya yang memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, kelebihan lain dari tempered glass adalah bagaimana bentuk materialnya ketika pecah.

Jangan salah mengira atau bahkan menganggap bahwa tempered glass tidak bisa pecah. Well, jenis kaca yang satu inipun bisa dipastikan akan pecah saat mengalami benturan atau menghantam sesuatu dengan sangat keras.

Yang membedakan adalah bagaimana kaca tempered meski pecah namun butiran pecahannya tidak berbentuk gerigi atau pecah berkeping – keeping dengan mudah. Lebih terlihat seperti pecahan plastik daripada pecahan kaca.

Anda bahkan hampir bisa membandingkan pecahan kaca tempered dengan bagaimana benda plastic mengalami keretakan karna bentuknya hampir sama. Jadi, keamanan yang ditawarkan oleh tempered glass memang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kaca smartphone biasa.

Pasti Kuat

Berikut Kelebihan dan Keunggulan Lain dari Tempered Glass.

Kaca Smartphone Tanpa Tempered Glass

Beberapa hal yang paling sering terjadi adalah layar smartphone yang kotor ketika digunakan. Meski anjuran untuk hanya menggunakan smartphone ketika tangan bersih memang banyak sekali digaungkan namun bukan berarti resiko menggunakan smartphone saat tangan kotor itu tidak ada sama sekali.

Salah satu cara Mengenal Tempered Glass atau kelebihan dari tempered glass itu sendiri adalah bahwa kaca ini memiliki kemampuan untuk membuat tidak terlalu terpengaruh pada banyaknya kotoran yang menempel di atasnya.

Baca Juga : 7 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Tidak seperti kaca smartphone biasa yang sekali tergores rasanya susah sekali dibersihkan bahkan dengan menggunakan berbagai cara sekalipun, membersihkan kaca tempered hanya perlu menggunakan tisu atau sedikit air untuk membuatnya kembali bersih seperti semula.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :