Cara Mencegah Baterai HP Meledak Dengan Mudah - Lensa Warga
News Smartphone

Cara Mencegah Baterai HP Meledak Dengan Mudah

Cara Mencegah Baterai HP Meledak | Ponsel Atau HP menjadi barang yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia saat ini. Kebutuhan akan kegunaan HP dianggap penting sekali dalam kehidupan, bisa jadi sebagai alat untuk menyelesaikan suatu masalah, tugas, bahkan sebagai hiburan saja. Dalam melayani konsumen tersebut banyak dari merk HP yang meningkatkan kualitas HPnya dengan memberikan perangkat keras dan software terbaiknya. Yang paling penting dalam sebuah ponsel ialah dukungan dari perangkat keras yang begitu penting dalam konteks performa juga pendukung sistem dalamnya.

Baterai Ponsel Meledak

Komponen yang dianggap penting dan sebagai pendukung utama ialah Baterai. Asupan daya pada ponsel memang berasal dari baterai didalamnya yang berfungsi agar ponsel dapat hidup. Karena itulah menjaga baterai ponsel tetap bagus dan tidak rusak sangat penting. Apalagi sekarang ini bermunculan laporan kejadian baterai yang meledak bahkan sampai melukai seseorang. Pasti anda sendiri tak mau HP yang dimiliki meledak karena baterainya, untuk itu ketahuilah tentang bagaimana mencegah baterai HP meledak berikut ini.

Cara Mencegah Baterai HP Meledak

Berbagai cara bisa dilakuka untuk mencegah beterai HP meledak, banyak sekali tips yang bisa diikuti mulai dari yang termudah hingga sulit. Yang paling disayangkan adalah saat melakukan penggunaan yang dianggap sepele tapi bisa merusak baterai. Nah, karena itu hal sekecil apapun memang perlu dihindari jika ingin mencegah baterai HP anda meledak. Ikuti langkah berikut ini dengan cara sederhana tapi banyak disepelekan.

1. Hindari Menggunakan Cass Tidak Sesuai Merk / Jenisnya

Kita dapat mencegah baterai HP agar tidak meledak dengan menghindari menggunakan Cass tidak sesuai Merk dari HP yang dipakai. Cara ini bertujuan untuk menepatkan daya pemasukan dan penerimaan dari cass ke ponsel karena daya terima ponsel biasa berbeda dengan jenis cass yang lain sehingga menjadikan pemasukan terhambat / terlalu besar dan baterai tidak kuat lagi menahan daya dan akhirnya meledak. Untuk itu anda tak boleh menggunaan cass tidak sesuai merk hp jika tidak dalam keadaan terdesak.

2. Jangan Gunakan Ditempat / Media Yang Panas

Jika baterai HP mendapati suhu yang terlalu tinggi maka dapat merusak ion didalamnya bahkan yang lebih parah ialah baterai dapat meledak secara langsung. Tentunya kita perlu mengetahui secara selektif tentang tempat yang sedang kita pakai saat menggunakan HP. Yang dilarang ialah kasur, busa, karet dan bahan lainnya yang dapat menimbulkan panas. Saat penggunaan HP, proses yang sedang berjalan dapat menimbulkan panas, begitulah yang menyebabkan kita dilarang menggunakan ditempat panas agar suhunya tidak bertambah.

3. Jangan Gunakan Ponsel Sambil Mengisi Daya

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab baterai menjadi panas ialah saat menggunakan dengan mengisi daya baterai. Nah, karena itulah kita perlu menghindari penggunaan HP saat ngecass agar suhu baterai tidak terlalu panas. Bahaya yang ditimbulkan sangat buruk, selain merusak baterai bisa juga menyebabkan baterai meledak karena daya masuk dengan daya penerimannya langsung digunakan tanpa disimpan lebih lama dulu.

4. Hindari Menggunakan HP Dibawah Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari dapat berbahaya jika terpancar langsung dengan HP dan akhirnya terkena baterai HP tersebut. Pancaran matahari yang sangat panas bisa meningkatkan suhu baterai dan merusak susunan ion didalamnya, bisa jadi penyebab meledaknya baterai HP. Namun, hal ini jarang sekali dilakukan oleh pengguna ponsel.

Simak Juga : Harga iPhone 8 Plus Dan Spesifikasi Terbaru

Penyebab baterai meledak bukan hanya itu saja tapi masih banyak lagi namun kemungkinan meledak sangat kecil. Hanya penyebab diataslah yang paling utama meningkatkan suhu baterai dan akhirnya meledak. Silahkan anda terapkan cara yang telah saya sampaikan diatas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sekalian.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar