Fungsi Tombol Volume Pada Smartphone - Lensa Warga
Android Smartphone

Fungsi Tombol Volume Pada Smartphone

Macam Fungi Tombol Volume – Sekarang ini sebuah perangkat pintar seperti smartphone tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Hal yang mendasarinya adalah pola hidup dan kebutuhan akan perkembangan teknologi yang kian pesat. Memang sebuah ponsel pintar sangat dibutuhkan banyak orang tapi kebanyakan pengguna smartphone jarang mengetahui tentang hal kecil yang ada pada smartphone yang dimilikinya.

Fungsi Tombol Volume

Dimulai dari hardware sampai software pasti masih banyak pengguna smartphone yang belum tahun isi dan kegunaannya.  Memang tombol tersebut dianggap hanya sebagai pengeras suara atau merendahkan volume saja, tapi masih ada banyak sekali kegunaan tombol volume tersebut.

Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan hal yang berkaitan dengan perangkat keras atau hardware. Pada smartphone berbagai merk dan jenis pastinya memiliki yang namanya tombol Volume. Ya, kebanyakan berpendapat bahwa tombol ini bukan sebuah tombol penting dan mengira hanya sebagai pengecil atau pengeras suara saja. Ada juga yang menganggap tombol ini hanya berfungsi untuk reset HP ke posisi pabrik.

Bisa jadi dalam berbagai smartphone juga memiliki letak tombol yang berbeda, intinya hanya ada beberapa kegunaan yang sama. Tapi ternyata masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan tombol volume saja. Mau tahu apa saja yang bisa dilakukan tombol volume? yuk kita simak pembahasan berikut ini.

1. Merekam / Mengambil Gambar

Yang pertama bisa dilakukan oleh tombol volume ialah kegunaannya sebagai bahan pengganti jika ada masalah dengan tombol power. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan tombol power digunakan untuk mengambil gambar, lalu bagaimana jika tombol tersebut kanji atau susah di pencet? Nah kita bisa mengganti perintah ambil gambar dari tombol power ke tombol volume dengan menuju ke pengaturan kamera dengan fitur shutter. Dengan mengganti perintah tersebut maka anda akan lebih mudah mengambil foto tanpa harus di tombol power atau langsung dilayar.

2. Memperbesar Dan Mengecilkan Tampilan

Mungkin saat anda ingin mengisi perintah pada tombol volume maka cobalah gunakan fitur zoom yang bisa diperbesar maupun diperkecil menggunakan tombol volume. Tujuannya ialah mempermudah kita melakukan zoom jika ada masalah dilayar sentuh anda. Caranya yaitu menuju ke pengaturan kamera dan pilih menu Use Volume Zoom dan klik oke, lalu cobalah untuk membuka gambar dan zoom digambar tersebut. Biasanya merk smartphone yang bisa dilakukan dengan fungsi tombol volume ini adalah merk samsung dan juga lenovo, mungkin merk lainnya saya belum tahu lebih jelas.

3. Mengisi Perintah Buka Aplikasi

Disinilah anda perlu memanfaatkan smartphone dengan lebih efisien dan cepat, kita bisa mengisi sebuah perintah untuk satu tombol volume dengan menjadi alat pembuka aplikasi secara simpel. Artinya dengan sekali menekan tombol volume tersebut maka sebuah aplikasi atau program bisa berjalan. Jadi anda tak perlu kebingungan dan lama mencari aplikasi yang ingin dibuka. Karena itulah tombol volume tidak bisa diremehkan dalam segi fungsinya. Fungsi tombol volume ini lebih baik digunakan jika anda sudah ingin membuka aplikasi dengan cepat tanpa perlu memilah-milah aplikasi atau program lain.

4. Untuk Mengambil Screenshot

Terakhir anda bisa mengambil screenshot dengan mudah menggunakan kombinasi tombol volume ditambah tombol home. Memang cara ini tergolong lazim digunakan oleh banyak orang karena memang simpel dan mudah caranya. Jadi dalam keperluan ambil screenshot anda pilihlah cara yang lebih efisien. Fungsi tombol volume ini tidak bisa dijalankan untuk segala merk smartphone lantaran dari berbagai jenisnya saja sudah berbeda letak dan kegunaan. Mungkin hanya kebanyakan saja yang bisa digunakan untuk screenshot.

Simak Juga : Bahaya Root Smartphone Untuk Yang Belum Ahli

Itulah mengapa bisa dibilang jika tombol volume pada smartphone sangat multi fungsi. Hanya saya penggunananya yang tahu akan setting dari volume tersebut. Intinya dalam sebuah menu atau tombol saja ternyata kegunaan yang diberikan cukup berguna. Nah, anda sekarang tak perlu menghiraukan sebuah menu kecil karena mungkin saja sangat bermanfaat dan memiliki hasil dari kegunaannya. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga postingan kali ini bermanfaat. Jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya dari Lensawarga.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar