Bahaya Root Smartphone Untuk Yang Belum Ahli - Lensa Warga
Android Smartphone

Bahaya Root Smartphone Untuk Yang Belum Ahli

Bahaya Root Smartphone – Jika kita memiliki sebuah ponsel pintar pastinya kita ingin mencoba hal baru. Kebanyakan orang ingin melakukan Root atau istilahnya ialah pengakaran smartphone karena Root dalam bahasa Indonesia artinya akar. Melakukan kegiatan ini biasanya bukan tanpa sebab, ya mungkin anda sudah tahu sebab yang mendasari banyak orang melakukan root.

Bisa jadi bosan dengan custom Rom atau hanya coba-coba saja. Yang pasti dengan melakukan root bagi yang tidak ahli pastinya akan menimbulkan resiko tinggi apalagi jika smartphone yang digunakan ialah smartphone mahal, pastinya anda tak mau mengalami kerugian kan. Karena itu bahaya root smartphone tergolong resiko besar, apalagi yang namanya kesempatan ngeroot itu sekali namun jika gagal efeknya sangat buruk.

Bahaya Root Smartphone

Bahaya Root Smartphone

Sebenarnya proses ini memang diperlukan beberapa pengguna smartphone yang ingin mempercanggih sistem smartphonenya. Root menjadi bahaya karena smartphone yang digunakan dan kurangnya keahlian saat melakukan kegiatan Root. Biasanya banyak orang pemula yang hanya mencontoh di Internet dan langsung saja melakukan root. Padahal itu salah besar karena bisa menimbulkan dampak buruk yang tidak kita inginkan. Apalagi belum presentase kegagalan saat root, bisa dibayangkan apa yang terjadi bila root gagal. Nah, kali ini saya akan memperluas bahasan tentang bahaya root, mari simak bersama.

1. Sinyal Hilang

Mungkin hal atau dampak root yang pertama ialah sinyal tidak mau muncul dikarenakan sistem yang dijalankan seperti sinyal tidak mau menerima program baru dan tetap pada kondisi awal. Hal inilah yang menjadikan pemaksaan sinyal untuk update program baru dan akhirnya tidak bisa berjalan dengan kondisi normal. Biasanya sinyal akan hilang jika saat prosesor root orang melakukan kesalahan pada bagian software. Walaupun kemungkinan terkena kerusakan sinyal lebih kecil tapi cukup membuat para pengguna smartphone tak mau Root ponselnya.

2. Kekebalan Smartphone Menurun (Virus Meningkat)

Ternyata bukan hanya manusia saja yang memiliki sistem kekebalan terhadap serangan dari luar, pasalnya smartphone juga seperti itu. Melakukan root layaknya memasukkan virus HIV ke dalam manusia yang berefek pada mudahnya apapun masuk dan menyerang. Smartphone juga begitu jika melakukan root maka apa saja bisa dilakukan begitu juga penurunan keamanan karena hal yang biasanya tidak bisa dijalankan setelah root bisa dijalankan. Yang paling bahaya ialah smartphone mudah sekali diserang malware atau virus bahkan sampai hacker juga mudah memasukan perangkat anda.

3. kKamera Atau Flash Tidak Berfungsi

Ternyata root juga bisa berefek buruk pada sistem fotografi smartphone anda. Pada bagian kamera bisa jadi kerusakan yang fatal karena sistem yang dimasukkan tidak dapat diterima dengan baik. Bisa juga membuat flash kamera anda mati atau biasanya hidup terlalu terang dan cepat mati. Hal ini sering terjadi karena banyak sekali yang tidak tahu dengan sistem yang sesuai dengan perangkat pintar miliknya. Selain itu virus yang terkandung juga bisa menginfeksi sistem flash smartphone karena kurang kebal, akibatnya sering error sampai mati.

Memang dari pembahasan diatas efek yang ditimbulkan dari root sangat buruk. Karena itulah sebaiknya saat anda ingin root smartphone kesayangan lebih baik serahkan kepada ahlinya. Jangan asal asalan melakukan root tanpa sepengetahuan anda. Jadi dari bahaya yang ditimbulkan dari root ternyata telah membuat pengerootan menurun dan tidak banyak dilakukan saat ini, apalagi tahun ini sudah banyak smartphone yang lebih canggih tanpa membutuhkan root untuk mengakses hal penting. Selain bahaya diatas, root juga bisa menyebabkan smartphone anda kehilangan garansi bahkan smartphone anda sulit laku di pasaran.

Simak Juga : Rekomendasi Laptop 2017 Paling Berkualitas

Mungkin dampak yang ditimbulkan bisa juga hanya sedikit dari banyak percobaan. Tapi sayangnya kegagalan atau bahaya root smartphone bisa terjadi diakibatkan oleh kesalahan sistem operasi anda. Bisa juga merk smartphone yang tidak berkualitas malahan bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu jika memang tidak terlalu butuh root, maka jangan ambil bahaya root smartphone. Intinya lebih aman anda tak perlu ngeroot lantaran saat ini sudah banyak program yang dulunya perlu rooting tapi sekarang sudah tidak perlu lagi. Oke, saya akhiri dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari lensawarga.

Bagikan :

Tentang Penulis

Glen Hanz Sky

Seorang pemuda kelahiran kota Pematangsiantar yang masih labil dan penuh dengan ketidakpastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi, baik pengalaman, ilmu pengetahuan, dan penuh inspirasi. Situs Pribadi : www.ciptaantangan.com dan www.itsiantar.net

Tinggalkan Komentar