7 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

168

Lensawarga.com – Ada banyak masalah yang dikeluhkan oleh pengguna smartphone. Salah satunya adalah masalah lama waktu pengisian baterai. Jadi, tidak sedikit orang yang ingin mengetahui bagaimana cara mempercepat pengisian baterai smartphone tersebut. Untuk bisa dijalankan dengan baik, setidaknya ponsel anda harus memiliki daya baterai diatas 25%. Dan, jika daya tersebut sudah melemah, maka seharusnya dilakukan pengisian ulang. Hanya saja, masalahnya adalah waktu menunggu yang sering dikeluhkan lama.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Mengetahui cara penting ini membuat pengguna akan lebih mudah untuk menggunakannya. Kenapa? Karena ada banyak aplikasi dan hal penting lainnya yang biasanya akan dilakukan menggunakan ponsel tersebut. Siapa sih yang ingin berpisah lama-lama dengan ponsel mereka? Sangat jarang sekali ada yang ingin melakukan hal ini, bukan? Untuk itu, yuk simak caranya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mencegah Baterai HP Meledak Dengan Mudah

1. Menggunakan Kabel USB Terbaik

Jangan sembarangan dalam menggunakan alat untung nge-charge baterai ponsel anda jika tidak ingin mudah rusak. Gunakanlah USB yang baik dan masih berada dalam keadaan yang tidak lecet. Meskipun ini terlihat sangat sepele, USB untuk pengisian baterai sehari-hari harus diperhatikan dengan baik. Dimana kecepatan pengisian daya baterai akan dipengaruhi oleh kualitas USB ini. USB yang dijual bebas dan sangat murah di pasaran biasanya tidak mengantarkan daya dengan baik. Sehingga membuat daya pengisian baterai menjadi lebih lambat dan mudah menyebabkan kerusakan.

2. Jangan Menggunakan Ponsel

Untuk mempercepat pengisian daya ponsel, sangat dilarang untuk menggunakannya selama masih menggunakan alat pengisian daya. Ini akan membuat pengisian menjadi lebih cepat dan menghindari masalah overheat pada ponsel. Bahkan, ini akan memperpanjang umur ponsel tersebut nantinya.

3. Gunakan Mode Air Plane

Loading...

Mode pesawat alias air plane mode ini adalah mode yang membatasi akses ponsel. Jadi, selama pengisian daya berlangsung, kita bisa memastikan ponsel tidak melakukan aktifitas lain dan hanya fokus terhadap charging saja.

4. Gunakan Charger Asli Agar Aman Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Setiap smartphone yang anda beli, pastinya sudah dilengkapi dengan USB asli. Untuk itu, gunakanlah USB alias charger-an bawaan ini agar nantinya mempermudah pengisian daya ponsel tersebut. Dibandingkan dengan jenis USB yang dijual di pasaran, tentunya USB asli ini sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan ponsel tersebut. Bahkan, sangat disarankan untuk mengisi daya ponsel hanya menggunakan USB asli tersebut.

5. Hindari Menggunakan PC atau Laptop

Maksud dari poin yang satu ini adalah untuk langsung menggunakan USB tersebut pada tempatnya. Jangan menggunakannya pada port PC maupun laptop. Kenapa? Ini akan membuat pengisian daya ponsel menjadi lebih lama. Biasanya, output yang dimiliki oleh PC hanya mencapai 0,5 A saja. Sedangkan jika menggunakan adapter USB asli maka bisa mencapai 2 A. Kurangnya daya output  ini akan mengurangi kecepatan pengisian juga, lho!

6. Matikan Ponsel

Ya, tidak hanya disarankan untuk menggunakan mode pesawat saja, hal paling penting untuk mempercepat pengisian daya adalah dengan mematikannya. Jika anda sangat memerlukan ponsel dalam waktu yang tergolong singkat, cobalah mematikannya saat melakukan pengisian daya. Ketika ponsel berada dalam keadaan menyala, akan ada beberapa aplikasi yang tetap berada di background dan menyerap daya. Sehingga, pengisian akan menjadi sedikit lebih lambat.

7. Gunakan Adapter Dengan Output Besar Untuk Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Hal terakhir yang sangat disarankan untuk mempercepat pengsian daya ponsela dalah dengan menggunakan adapter USB ber-output besar. Cara mengecek kekuatan output  yang dihasilkan adapter USB ini mudah. Lihat saja tulisan A (ampere) yang tertera. Misalnya saja, 1A, 2A dan sebagainya. Jika A yang dihasilkan semakin besar maka kemungkinan untuk mempercepat pengisan daya lebih besar.

Baca Juga : 9 Smartphone Harga 2 Jutaan Terbaik 2019

Nah, demikian nih cara aman dan mudah yang bisa digunakan bagi anda yang ingin mempercepat pengisian daya ponsel. Sebenarnya, tidak sulit untuk bisa mempersingkat waktu pengisian. Asal jangan selalu tergoda untuk menggunakan ponsel saat di charging saja, ya! Karena tidak sedikit orang yang selalu melakukan kebiasaan salah ini. Alih-alih mempercepat pengisian baterai, anda malah merusaknya. Jadi, berhati-hatilah.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :