Warga 'Geruduk' Ibadah GBI Jemaat Filadelfia di Medan, Ini Penjelasan Polisi - Lensa Warga
News

Warga ‘Geruduk’ Ibadah GBI Jemaat Filadelfia di Medan, Ini Penjelasan Polisi

Medan, Lensawarga.com – Video yang diunggah oleh akun Instagram @eunikeyulia ini tiba-tiba menjadi viral. Berdasarkan informasi yang dituliskan, kejadian terjadi pada, Minggu (13/1/2019).

Foto : Screenshoot Video Instagram @eunikeyulia

“Ketika kami ingin memulai ibadah pagi, gereja kami diserang oleh warga yang berbeda keyakinan, dan memaksa gereja untuk ditutup. Mereka memaksa masuk untuk mengacaukan ibadah kami. Kami umat Kristiani di Gereja Bethel Indonesia (GBI) jemaat Filadelfia di Jl. Permai 4 blok 8 Griya Martubung No.31 Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera Utara,” tulis akun @eunikeyulia dalam keterangannya.

Baca Juga : Lanjutan Sidang Gugatan Perdata Gereja IRC, Kuasa Hukum Hadirkan Bukti Tambahan

Dugaan sementara, Ratusan orang yang bermukim di Kompleks Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, melakukan aksi protes terkait bangunan rumah yang diduga berubah fungsi menjadi Gereja.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kurang lebih perubahan fungsi tersebut terjadi selama dua bulan terakhir. Aksi protes dilakukan ratusan warga sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam video tersebut tampak warga mendatangi ibadah di sebuah rumah di Medan, Sumatera Utara beredar di media sosial dan membuat pihak Kepolisian pun turun tangan dan melakukan mediasi.

Video yang awalnya diunggah oleh @eunikeyulia itu menjelaskan, saat itu Dia sedang berada di dalam rumah yang kemudian didatangi warga. Dalam video terlihat sekelompok warga berkerumun di depan rumah.

“Kami hanya beribadah sekali seminggu (atas permintaan warga setempat) dan sudah kami lakukan. Dan disini kami tidak melakukan hal yang terlarang. Kami hanya beribadah tetapi mengapa pagi ini gereja kami diserang?” tulis @eunikeyulia.

Menanggapi kejadian tersebut, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, bahwa aksi protes itu dilakukan kurang lebih oleh 50 orang. Dia menyebut warga protes terhadap Pendeta Jan Fransman Saragih yang mengadakan ibadah kebaktian Gereja Bethel Indonesia (GBI).

“Aksi tersebut terjadi sebagai protes warga masyarakat lingkungan XX terhadap Pendeta Jan Fransman Saragih, STH yang telah mengadakan giat ibadah kebaktian di Gereja Bethel Indonesia (GBI) dengan jumlah jemaat 40 orang (20 kk),” kata Tatan kepada wartawan, Senin (14/1/2019).

Ibadah itu diadakan di kediaman Pendeta Jan Fransman Saragih, STH. Tatan mengatakan ibadah itu membuat warga resah.

“Yang dijadikan tempat ibadah oleh pendeta Jan Fransman Saragih STH adalah rumah tinggal yang bersangkutan dan terletak di lingkungan perumahan, sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat sekitar lingkungan,” katanya.

Tatan mengatakan, sebelumnya pada 6 Desember 2019 sudah ada rapat di Kantor Camat Medan Labuhan bersama Fokopimcam Medan Labuhan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kementerian Agama Kota Medan.

Hasil rapat itu yaitu untuk menghentikan kegiatan ibadah di lokasi tersebut mulai 1 Januari 2019 sampai adanya izin resmi sesuai Peraturan Bersama Menag dan Mendagri no 9 dan 8 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah.

“Namun pernyataan kesepakatan tersebut belum ditandatangani oleh Pendeta Jan Fransman Saragih, STH,” ungkapnya.

Kembali ke peristiwa pada 13 Januari 2019, Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek Medan Labuhan melakukan pengamanan di lokasi dan meminta Pendeta Jan Fransman Saragih, STH untuk menandatangani kesepakatan tersebut. Aksi protes itu pun kemudian bubar pada Pukul 12.00 WIB.

Baca Juga : Warga Seumanah Jaya Komplain Proyek Penimbunan Jalan Dusun yang Berdebu

“Pendeta Jan Fransman Saragih, STH bersedia untuk tidak mengingkari hasil Kesepakatan bersama yang dibuat pada tanggal 06 Desember 2018 di kantor Camat Medan Labuhan dan telah ditandatangani pada 13 Januari 2019,” kata Tatan.

Berikut Video Detik-Detik Ratusan Warga ‘Geruduk’ Gereja di Medan : 

Bagikan :

Tentang Penulis

Redaksi

www.lensawarga.com

Tinggalkan Komentar