Wali Murid Komplain, BSM di SDN 1 Seumanah Jaya Dinilai Tidak Tepat Sasaran - Lensa Warga
News

Wali Murid Komplain, BSM di SDN 1 Seumanah Jaya Dinilai Tidak Tepat Sasaran

Aceh Timur, Lensawarga.com – Wali Murid SD Negeri 1 Seumanah Jaya, komplain atas pembagian Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang tidak merata dan dinilai tidak tepat sasaran. BSM merupakan program yang digulirkan dari pemerintah pusat untuk siswa kurang mampu (miskin red).

SDN 1 Seumanah Jaya

Salah satu wali murid yang tidak ingin di sebutkan namanya kepada Lensawarga.com, Sabtu (26/1/2019) mengatakan, bahwa bantuan tersebut tidak tepat sasaran dan pembagian tidak merata.

Baca Juga : Masyarakat Komplain Timbunan Tanah Jalan yang Berubah Jadi Lumpur

“Orang kaya dapat, anak guru atau saudara dewan guru yang dapat, ada unsur tebang pilih, mendapatkan beasiswa, sedang kami orang yang benar tidak mampu miskin, satu KK (Kartu Keluarga) hanya mendapatkan 1 orang padahal anak kami sekolah ada 3 orang. Pembagian tidak adil dan pilih kasih,” kata sumber yang tidak ingin namanya dipublikasikan itu.

“BSM telah di bagikan pada Rabu 23 Januari lalu, dibagikan oleh guru sekolah langsung kepada siswa, uangnya sudah dibagi kepada siswa pakai amplopnya, satu orang 300 ribu,” ungkapnya.

Masyarakat sangat kecewa melihat pembagian beasiswa miskin tersebut. Pasalnya ada sebagian siswa mendapat dana dan sebagian lagi tidak mendapat dana BSM, sehingga timbul kecemburuan sosial di kalangan siswa, akibatnya siswa yang tidak mendapat, merasa malu dan enggan sekolah.

“Tetapi yg anehnya lagi, di SD di daerah lain saya lihat pembagian beasiswa miskin ini merata dan semua murid dapat merasakannya walau sedikit,” tukasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Seumanah Jaya, Kun Rahmadi saat dikonfirmasi menjelaskan, sebelumnya pihak sekolah dengan komite telah melakukan rapat terkait pembagian BSM tersebut.

“Setelah kita rapat dengan komite, kita bagi yang memang jatahnya banyak kita kasih banyak, dan yang tidak dapat kita hanya berikan baju batik saja,” kata Rahmadi.

“Kemarin juga sudah dilakukan rapat bersama komite, mereka mengatakan dana BSM ini baiknya kita bagi rata agar tidak ada yang komplain. Tapi saya bilang kalo bisa jangan, bagi yang tidak dapat kita berikan baju aja,” ungkap Kepala Sekolah SD Negeri 1 Seumanah Jaya.

Saat disinggung terkait dana BOS tahun anggaran 2018, Rahmadi enggan menjelaskan secara detail rincian dari dana tersebut.

Baca Juga : Mahasiswa Tuntut Pemerintah untuk Membangun Universitas Negeri di Aceh Timur

“Kalau mau tanya sedetail-detailnya terkait dana bos, saya tidak bisa berikan keterangan, karena memang dari pihak manejer BOS melarang kami mengatakan kepada pihak media, kecuali kalian memiliki surat izin untuk bertanya terkait dana bos,” ujar Rahmadi.

Bagikan :

Tentang Penulis

Bayu Heri Irawan

Tinggalkan Komentar