Wakil Bupati Labura Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

90

Labura, Lensawarga.com – Wakil Bupati Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura ), Dwi Perantara memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, di halaman Kantor Bupati, Jl. Jenderal Sudirman, Aek Kanopan, Kabutapen Labura, Sabtu (1/6/2019).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Labura

Dalam pidato tertulisnya Dwi menyampaikan, bahwa Pancasila adalah ideologi negara dalam satu kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadikan keyakinan bernegara saling menghormati kerukunan beragama, berketuhanan yang Maha Esa.

Baca Juga : Sat Reskrim Polsek Kualuh Hulu Ringkus Seorang Pria Pelaku Curat

“Dan untuk itu Pancasila adalah salah satu rumah kita,” ujar Wakil Bupati Labura, Dwi Perantara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut dihadiri seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) dan seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara), Siswa/i, TNI, Polri serta tokoh masyarakat.

Loading...

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila oleh mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Sejak 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari Lahir Pancasila .

Oleh sebab itu, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Jokowi.

Baca Juga : Dianggap Membuat Jalan Rusak, Ketua DPD LSM PERKARA Labura Laporkan Pemilik dan Operator Alat Berat Excavator

Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016. Tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :