Upacara HUT RI Ke-73 Diakhiri Ziarah Bersama Pemuda Dan Masyarakat Di Tugu Perjuangan Saribudolok

Simalungun, Lensawarga.com – Para kelompok pemuda dan masyarakat melakukan upacara bendera sebagai bentuk rasa patriotisme pemuda terhadap Gerakan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Jumat (17/08/2018) tepat pukul 08.00 WIB di Tugu Perjuangan Saribudolok diakhiri dengan ziarah bersama.

Pemuda dan Masyarakat Saat Melakukan Upacara Bendera di Tugu Perjuangan Saribudolok, Jumat (17/08/2018)

Upacara bendera bersama ini dilakukan atas dasar adanya harapan beberapa pemuda dalam momentum peringatan hari kemerdekaan di Saribudolok agar dapat dilaksanakan semacam bersama-sama, sebagaimana tradisi yang pernah dilakukan sebelumnya.

Koordinator Aksi Alwi Erik Saragih mengatakan bahwa proses upacara yang diadakan oleh pemerintah, dilakukan secara dadakan di lahan pribadi, sehingga membatasi aksi kita untuk mengikuti secara langsung detik-detik proklamasi tersebut.

“Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa Indonesia telah merdeka sejak 73 tahun yang lalu yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Ir. Soekarno dan juga pengibaran bendera merah putih di iringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, itulah tonggak awal kemerdekaan indonesia dimana indonesia bebas dari kekuasaan negara lain,” ujarnya.

Baca Juga : Siswa SMP di NTT Pemanjat Tiang Yang Videonya Viral Dapat Beasiswa Sampai Lulus S1 Dari PLN

Loading...

Hal senada juga diungkapkan oleh Martin Mex Girsang salah seorang pemuda yang turut hadir mengikuti upacara tersebut, “Dibalik isi teks proklamasi itu sendiri, kita bisa menangkap semua harapan yang memang diciptakan oleh para pahlawan sejak dulu, yaitu agar Indonesia merdeka dan berungtunglah pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan Indonesia dapat terwujud,” ungkap Martin.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :