Ulang Tahun Android ke-10, Begini Sejarah Awal Android

715

Jakarta, Lensawarga.com – Sistem operasi Android kini telah memasuki usia ke-10 tepat pada Minggu, (23/09/2018.) Android untuk pertama kalinya diumumkan secara resmi pada 23 September 2008 silam.

Ulang Tahun Android Ke-10 (Logo Android)

Sistem operasi milik Google ini, pertama kali hadir pada smartphone HTC Dream atau dikenal juga sebagai T-Mobile G1 dengan model HTC G1, atau yang dikenal dengan nama HTC Dream dengan Android 1.0. OS dan menjadi ponsel pertama yang mendukung Android yang kini jadi salah satu OS paling populer di dunia.

Saat pertama kali dipasarkan, ponsel ini dibanderol US$179 dengan fitur utama grafis yang bisa dikostumisasi dan terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail.

Android pun jadi sangat populer, salah satunya disebabkan pembaruan software yang cukup cepat terutama untuk perangkat flagship, misalnya seri Motorola Droid dan Samsung Galaxy S.

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner dan Chris White ini, sejatinya telah diungkap sejak 2007. Android merupakan pengembangan dari kernel Linux.

Loading...

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Y83 Pro

Rubin menggambarkan proyek pengembangan Android sebagai perkembangan potensial pada perangkat smartphone yang lebih rinci mengenali lokasi dan preferensi pemiliknya.

Di tahap awal, Android sejatinya dikembangkan sebagai sistem operasi untuk kamera digital. Namun, belakangan perusahaan mengubahnya, lantaran bisnis kamera dianggap tidak cukup besar. Sehingga pada September 2004 berupaya mengembangkan Android untuk ponsel menandingi Symbian dan Windows Phone yang kala itu lebih dikenal.

Seperti dilansir Engadget, Senin (24/09/2018), Android mulai populer sejak akhir 2010, sementara upgrade yang dilakukan kompetitor masih sebatas itu-itu saja.

Jika sebelumnya iPhone mengalahkan BlackBerry, OS Symbian dan Windows di ponsel justru tertinggal jauh dari Android.

Kini banyak vendor perangkat mobile yang mulanya memakai Symbian atau Windows, mau tak mau harus mengadopsi Android untuk bisa bersaing dan relevan di pasaran. Kalau tak pakai Android, pasar pun tak memberi respon baik.

Kala itu diketahui, Rubin kesulitan mendapatkan penyandang dana pada tahap awal pengembangan Android. Dana segar sebesar US$10 ribu diberikan oleh Steve Perlman yang merupakan teman dekat Rubin.

Google secara resmi mengakuisi Android Inc pada Juli 2005, dengan nilai US$50 juta. Ketiga pendiri Android, kecuali Nick Sears turut bergabung dengan Google sebagai bagian dari kesepakatan bisnis.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Huawei P20 Pro

Pada awal kemunculan Android, diketahui saat itu Android belum memiliki kode nama spesifik, hanya mengusung nama Android 1.1 dengan nama resmi Petit Four. Pengembang beralasan penggunaan kode nama bisa membingungkan dan menyulitkan penyebutan, sehingga lebih memilih menggunakan nama Android 1.1.

Dan Morrill pun kemudian menciptakan Maskot Android Pertama berupa robot hijau, namun logo yang kini banyak dipakai merupakan karya Irina Blok.

Tradisi penggunakan nama sesuai urutan alfabet baru dimulai sejak tahun 2009, diawali dengan Android 1.5 Cupcake dan berlanjut hingga kini Android 9.0 Pie yang dirilis Agustus silam. Ryan Gibson selaku Project Manager kala itu menjadi sosok yang menggunakan nama makanan penutup (dessert) sebagai nama resmi untuk Android.

Perusahaan Google kemudian menjadikan maskot Android versi terbaru sebagai ‘keluarga’ yang turut dipamerkan di markasnya di Silicon Valley, California, AS.

Kini Android telah memasuki usia ke-10 tahun, dimana kehadirannya sudah lebih dari 2 miliar perangkat Android yang aktif. Yang paling penting, Android telah bersarang di manapun dan berkembang jauh tak hanya sebatas pada smartphone dalam satu dekade terakhir.

Bahkan saat ini kamu bisa melihat Sistem Operasi Android bersarang di tablet, jam pintar, smart TV, lemari es, oven, hingga headset VR.

Selamat Ulang Tahun Android ke-10 tahun, Mungkin akan terus berkembang, sebab Google masih terus memfokuskan untuk adopsi Android di berbagai perangkat.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :