Toba Pulp Lestari Adakan Media Visit di Pabrik Parmaksian

146

Humbahas, Lensawarga.com – PT. Toba Pulp Lestari (TPL) adakan media visit di Kantor Pusat sekaligus pabrik terbesar milik TPL di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Kamis (26/9/2019).

TPL Menerangkan Proses Penanaman Pohon Eucalyptus Hingga Pembuangan Limbah Produksi.

Acara tersebut dipusatkan untuk para awak media yang bertugas di kawasan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang juga salah satu daerah kawasan konsesi TPL.

Media visit ini menurut juru bicara TPL, Juliandri Hutabarat dilakukan untuk keterbukaan informasi dari pihak perusahaan sekaligus mengubah mindset masyarakat terhadap TPL yang selama ini banyak diperbincangkan mengenai kerusakan lingkungan hidup.

“Selama ini perusahaan (TPL) banyak dikaitkan dengan kerusakan lingkungan hidup, banyak dugaan bahwa kehadiran kita ditengah masyarakat mengakibatkan berbagai masalah kerusakan lingkungan,” ujar Juliandri.

Juru Bicara TPL (Kiri) Bersama Awak Media.

Pada kesempatan itu, Juliandri menerangkan bahwa pengelolaan dan pengolahan limbah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan pemerintah dengan menjamin keamanan limbah terhadap lingkungan hidup.

Loading...

“Pengelolaan dan pengolahan limbah kita selalu tunduk terhadap peraturan perundang-undangan yang tertuang dalam UU No. 32 tahun 2009, PP No. 27 tahun 2012, PP No. 101 tahun 2014, Permen LH No. 5 tahun 2014 dan Keputusan menteri LH No. 13 tahun 1996,” terangnya.

Limbah hasil produksi yang dihasilkan oleh TPL menurutnya telah melalui berbagai proses yang cukup panjang hingga terakhir dialirkan melalui sungai Asahan.

“Limbah yang dihasilkan dari pabrik kita sudah melalui proses yang cukup panjang dan rumit dan kita melakukan penelitian laboratorium bekerjasama dengan pemerintah. Lalu dialirkan di sungai Asahan,”

“Sebelum kita alirkan ke sungai Asahan hasil yang sudah diproses kita alirkan dulu ke kolam ikan, kolam bebek dan pertanian yang kita miliki untuk lebih memastikan bahwa limbah itu sudah aman dialirkan ke sungai Asahan,” ujar Juliandri.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :