Tim DVI Sebut Dokter Lebih dari Cukup untuk Identifikasi Korban Lion Air JT 610

Jakarta, Lensawarga.com – Vice DVI Commander Kombes Pol Triawan Marsudi, memastikan bahwa dokter forensik sudah lebih dari cukup untuk mengidentifikasi para korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610. Hal itu untuk menjawab permintaan keluarga korban.

Keluarga Korban Lion Air JT 610 Saat Ditenangkan Oleh Seorang Anggota TNI

Dalam pertemuan keluarga korban dengan tim SAR gabungan dan Lion Air di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur pada Senin (05/11/2018) lalu.

Baca Juga : BPPT Sarankan untuk Memperluas Area Pencarian CVR Lion Air PK-LPQ

Loading...

Keluarga sempat meminta agar dokter forensik di RS Polri ditambahkan karena dirasa kurang. Namun Triawan mengatakan bahwa itu sudah lebih dari cukup.

“Masing-masing kan terdiri patologi forensik, ada odontologi forensik, ahli DNA, antropologi forensik. Bukan hanya dari kita, ada dari universitas,” kata ucap Triawan, Selasa (06/11/2018).

Triawan meminta agar pihak keluarga korban untuk tidak merasa khawatir atas proses identifikasi akan dihentikan. Menurutnya proses alan terus berjalan sebagaimana seharusnya.

“Gak perlu (khawatir). Sampaikan ke keluarga jangan pernah khawatir,” kata Triawan.

Proses identifikasi akan terus dilakukan oleh tim DVI RS Polri hingga tidak ada lagi yang diperiksa.

Masa pencarian dan evakuasi oleh tim SAR gabungan terhadap jenazah dan tubuh pesawat korban pesawat Lion Air JT610 akan berakhir Rabu (07/11/2018). Waktu tersebut sudah termasuk penambahan masa pencarian terhitung sejak Senin (05/11/2018).

Baca Juga : Operasi SAR Lion Air PK-LQP Diperpanjang 3 Hari, Fokus Evakuasi dan CVR

Meski demikian, proses identifikasi jenazah korban di Rumah Sakit Polri Kramat Jati akan terus berlangsung meski proses evakuasi dihentikan.

Triawan menjelaskan tidak ada batas waktu dalam proses identifikasi jenazah korban pesawat Lion Air JT610.

“Evakuasi sana berhenti, identifikasi di sini jalan terus,” kata Triawan.

Menurut Triawan, Tidak ada perubahan intensitas penanganan dalam proses identifikasi yang dilakukan tim DVI RS Polri meski proses evakuasi kelak dihentikan. Tingkat ketelitiannya juga tidak berubah.

“Pokoknya kalau lebih cepat lebih baik, ini jalan terus lab DNA ada di Cipinang, begitu selesai dibawah ke sini,” kata Triawan di RS Polri (06/11/2018) malam ini.

Baca Juga : 3 Jenazah Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi

Lanjut Triawan, bahwa dalam proses identifikasi poin paling penting adalah kehati-hatian. Tim DVI tidak ingin terburu-buru dan lalai dalam mengeluarkan hasil identifikasi.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :