Sudah Sampai Bulan, China Mau Jelajahi Mars Tahun Depan

316

Jakarta, Lensawarga.com – Akhir tahun lalu, China sukses menjangkau sisi terjauh Bulan. Kini, Negeri Tirai Bambu berencana untuk mengirim robot penjelajah ke Mars pada 2020 mendatang.

Ilustrasi. Foto: NASA/JPL-Caltech

“Tahun depan, kami akan meluncurkan (robot) penjelajah Mars, yang akan mengorbit di sekitar Mars, mendarat di sana, dan menjelajahinya,” ujar Wu Weiren yang tergabung dalam program eksplorasi Bulan besutan China, seperti dikutip dari CNN, Selasa (5/3/2019).

Baca Juga : Motor Listrik Harley-Davidson Baru Bisa Hadir Tahun 2020 di Indonesia

Komentar Wu itu menyusul dibukanya basis simulasi Mars di cekungan Qaidam, Qinghai, China. Gurun pasir tertinggi di dunia itu sangat kering dan disebut sebagai salah satu lokasi paling mirip Mars di Bumi.

Loading...

Basis simulasi itu disebut menghabiskan biaya USD 22,3 juta (Rp 315 miliar) dan memiliki luas 53.330 meter persegi. Lokasi tersebut bisa mengakomodasi 60 orang di dalam kapsul dan ratusan jiwa di tenda sekitaran basis itu.

Baca Juga : Wow! China Bikin Robot Pembaca Berita

Selain muncul dengan misi ambisius ke Mars, China juga bakal mengirim robot penjelajah tambahan ke Bulan untuk mengambil sampel dari permukaan satelit alami Bumi itu dan kembali lagi ke sini. Jika berhasil, ia menjadi negara ketiga yang sukses melakukannya setelah Amerika Serikat dan Rusia.

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :