Situs Daftar CPNS 2018 Lemot? Ini Penyebabnya

Jakarta, Lensawarga.com – Banyaknya orang yang mengakses situs pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 membuat prosesnya terasa lambat alias lemot. Hal itu pun diakui Kepala Badan Kepagawai Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Situs Daftar CPNS 2018

Dilansir detikcom, Bima mengatakan, situs daftar CPNS 2018 menjadi lemot dikarenakan jaringan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tak mampu menampung semua akses dari para peserta. Situs pendaftaran CPNS 2018 sscn.bkn.go.id terhubung dengan Dukcapil untuk mensinkronkan data pelamar.

Baca Juga : Menteri PANRB Syafruddin Himbau Jangan Ada Joki dan Calo di Seleksi CPNS 2018

Loading...

Meski akses sempat mengalami server down atau lemot, Bima mengatakan, masalah tersebut telah berhasil diatasi. Bima juga berharap, situs pendaftaran CPNS 2018 kini sudah kembali berjalan lancar hari ini.

“Ketika pertama kali mereka buat akun, itu adalah jaringan yang digunakan jaringan Dukcapil, kemarin itu bandwidth-nya belum dibesarkan banyak bottle neck. Tapi tadi malam sudah dibesarkan 4 kali lipat sehingga tidak masalah lagi. Saya kira mudah-mudahan nggak ada masalah,” kata Bima di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Jakarta, Jumat (28/09/2018).

Ditambahkannya, bahwa bandwidth itu sendiri merupakan ukuran konsumsi transfer data, antara server dan client dalam waktu tertentu.

Bima juga telah menyampaikan, agar situs tak lemot, kapasitas bandwidth dibesarkan baik untuk Dukcapil dan di sscn.bkn.go.id. Untuk Dukcapil, kapasitasnya dinaikkan sampai 5 kali lipat.

Baca Juga : 4 Unit Jet Tempur F-16 Milik TNI AU Jelajahi Langit Lanud Soewondo Medan

“Dukcapil kita lebarkan 10 mega byte/second sebelumnya 2 mega byte/second. Kita tingkatkan 5 kali lipat. Untuk sscn dari 2 mega byte/second jadi 4 mega byte /second mudah-mudahan cukup,” tutupnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :