Sejumlah Tanaman Warga Terancam Hanyut Dihantam Abrasi Sungai Lokop

20

Aceh Timur, Lensawarga.com – Sejumlah tanaman warga terancam hanyut dihantam abrasi sungai Lokop, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur. Warga meminta agar di sepanjang sisi kanan kiri sungai Lokop yang membelah perkampungan agar segera dibangun Beronjong untuk mencegah abrasi dari hantaman arus sungai.

 

Sejumlah Tanaman Warga Terancam Hanyut Dihantam Abrasi Sungai Lokop

Keuchik Gampong Lokop, Zainuddin kepada lensawarga.com, Sabtu (12/1/2019) mengatakan, sisi sungai sebelah timur yang perlu dibangun Beronjong mulai Gampong Jereng, Sengkuelen, Umah Sunti, dan Umah Tareng. Sedangkan sisi sungai sebelah barat yang perlu dibangun Beronjong, mulai dari Gampong Nalon, Lokop, dan Ujung Karang.

Baca Juga : Pemkab Aceh Timur Gelar Operasi Sumbing Gratis

“Jika tak segera dibangun Beronjong penahan arus sungai, maka tanaman warga, dan jalan lintas Aceh Timur dengan Gayo Lues terancam abrasi,” ungkap Zainuddin.

Pantauan lensawarga.com di lokasi, tepi sungai di Gampong Jereng, dan Nalon, sejumlah tanaman warga seperti jeruk, pinang, pisang, mulai bertumbangan akibat abrasi. Sedangkan di Gampong Lokop, abrasi hampir mendekati jalan Aceh Timur dengan Gayo Lues.

Dalam waktu dekat ini, kata Zainuddin, pihaknya akan mengajukan proposal permohonan pembangunan Beronjong ke Provinsi di Banda Aceh.

Baca Juga : Aktivis Pemberdayaan Masyarakat, Zamalon Hakim ingin Tingkatkan Kesejahteraan SDM Mulai dari Pedesaan

“Kami mohon semoga pemerintah dapat mengabulkan permohonan masyarakat Lokop, karena pembangunan Beronjong ini sifatnya mendesak,” ungkap Zainuddin.

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :