Podcast The Spectrum Talks Bahas Sejarah Elhaus Brand Lokal Indonesia Yang “Go Internasional”

442

Lensawarga.com – Menjadi seseorang yang sukses dibidang bisnis tentulah tidak mudah, banyak hal yang dibutuhkan, mulai dari modal, ilmu pengetahuan, termasuk relasi. Namun hal tersebut juga tak cukup tanpa didasari niat untuk berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan passion kita masing-masing.

Spotify The Spectrum Talks

Selain itu, kita juga membutuhkan informasi-informasi tambahan yang dapat membangun ide-ide baru untuk mengembangkan bisnis yang akan kita jalankan. Mungkin bagi sebagian orang ada yang terlahir dengan talenta yang mampu menjalankan bisnis dengan baik, namun bagi sebagian orang mereka juga membutuhkan referensi untuk menggali potensi dalam dirinya serta mampu mengenali kemampuan diri sendiri. Misalnya dengan tambahan informasi dan motivasi ringan untuk membangkitkan semangat dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Sopir Bus Beli BMW Pakai Uang Koin Receh

Sebenarnya, di era teknologi canggih seperti sekarang ini, tidaklah sulit untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan tersebut, sebab dengan kehadiran internet yang semakin berkembang belakangan ini kita dapat menemukan banyak informasi serta inspirasi dari orang-orang sukses yang bisa kita jadikan panduan untuk mengembangkan bisnis yang sedang maupun yang akan kita jalankan kedepannya.

Salah satu contohnya, anda kini dapat mendengar Podcast tentang kisah orang-orang yang sukses menjalankan bisnis mereka. Anda bahkan dapat mendengarkan Podcast tersebut dimanapun selagi anda terkoneksi dengan internet, atau anda juga dapat mendownloadnya terlebih dahulu, lalu mendengarkannya pada saat offline.

Loading...

Ada banyak sekali kisah inspiratif yang dapat memotivasi anda yang kini dapat anda dengarkan melalui Podcast di Spotify, Apple Podcast, maupun Google Podcast. Anda tinggal memilih saja yang podcast mana yang ingin anda dengarkan. Sebagai referensi, saya bisa memberikan anda salah satu podcast inspiratif yang dapat memperkaya wawasan anda didunia bisnis yang sangat inspiratif yaitu The Spectrum Talks yang disajikan oleh Suitmedia. Dalam podcast tersebut anda bisa mendengarkan beberapa Podcast tentang kisah sukses orang didalam dunia bisnis.

Podcast The Spectrum Talks disajikan secara ringan dan membuat saya pribadi yang telah mendengarkan salah satu podcast Episode The Spectrum Talks: Eduardus Adityo – Co-founder & Creative Director of Elhaus mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan ide-ide dan gagasan saya yang selama ini terpendam.

Podcast berdurasi 45 menit tersebut membahas sebuah brand lokal Indonesia bernama Elhaus yang sudah go internasional. Podcast tersebut dibawakan oleh pembawa acara Anggriawan Sugianto CTO/COO of Suitmedia bersama Eduardus Adityo adalah seorang alumni Program Studi Desain Produk (FSRD) ITB angkatan 2009 yang kini menjadi Co-Founder dan Creative Director dari Elhaus.

Elhaus merupakan brand streetwear lokal khusus pria yang berdiri sejak 2010. Elhaus sendiri adalah produk yang Focuses on clean, timeless designs yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan dan perpaduan teknik modern dan tradisional. Elhaus telah meraih beberapa Achievement dan menjadi brand lokal yang berhasil lolos mengikuti berbagai pameran internasional seperti Agenda show di California, US 2012-2019, Liberty fairs di Sands Expo, Las Vegas 2019 dan Paris Fashion Week pada awal tahun Januari 2020 lalu.

Adapun Podcast tersebut membahas seputar:
– Trend Lokal Sweetwear
– Creative Marketing di Fashion Industri
– Resilience (Ketahanan Industri Fashion)

Dalam sesi tanya jawab, Eduardus menceritakan sejarah berdirinya Elhaus yang dulunya dimulai dengan iseng pada tahun 2010 saat dia bersama temannya masih duduk bangku kuliah tepatnya pada saat semester 2. Pria yang akrab disapa Edo tersebut mengaku, sudah tertarik dengan dunia fashion sejak dirinya masih SMA. Awal mulanya dari koleksi sepatu, baju, sepatu dan trend jeans di Indonesia, lalu kemudian tentang style hingga akhirnya Edo pun mulai menyukai segala macam yang berhubungan dengan garmen.

Menurut Edo, Elhaus sendiri awalnya berkembang dan dikenal oleh orang-orang secara organik, dimana yang tadinya hanya bikin sebagai koleksi, hingga kemudian akhirnya dijadikan sebuah produk. Selanjutnya, Anggriawan sebagai pembawa acara melanjutkan pertanyaan-pertanyaan untuk membuka sejarah perjalanan panjang Elhaus hingga mampu menembus pasar Internasional.

Edo kemudian menjelaskan, bahwa secara kasat mata, Elhaus bisa dibilang lebih advance dari brand lokal lain dan eksperiemental. Produksinya sendiri selalu berusaha dibikin dengan kualitas produk diatas rata-rata, dan pemilihan bahan dan teknik produksi se-autentik mungkin dan kualitasnya juga sebaik mungkin dari berbagai macam standar.

Tak hanya itu, Edo juga terpengaruh banyak dari internet dan dari teman-teman di lingkungan sekitarnya. Dengan melihat trend, dimana untuk membuat produk Edo selalu berusaha jujur dengan apa yang dia suka, dengan inspirasi yang ada disekitarnya dan level autentik yang harus tetap dipertahankan. Edo juga mengaku, bahwa sebenarnya sebelum ikut event internasional, dia dan temannya dulu pernah gak ditanggapin beberapa kali. Dan membuatnya merasa bahwa Elhaus mungkin belum pantas ikut dalam event tersebut.

Namun Edo tak menyerah begitu saja, dia bersama temannya pun terus berusaha mengembangkan produknya, mulai dengan melakukan improve dan menerapkan standart yang tinggi pada produknya, mengembangkan desain, konsep, dan kapasitas produksi dan lain sebagainya hingga akhirnya membawa Elhaus lolos seleksi menuju pameran internasional, yang bekerjasama dan di-support oleh Bekraf untuk ikut pada event internasional.

Produk pertama yang dibikin oleh Elhaus adalah jeans, dimana dia merasa pada saat itu di Indonesia lagi trend dengan jeans premium dan semuanya import serta harganya yang terbilang mahal diatas satu juta. Membuatnya berpikir untuk membuat jeans sendiri dengan standart sesuai jeans-jeans import tersebut. Elhaus kemudian berkembang, dengan modal nekat Edo dan temannya memberanikan diri untuk membuka toko pada tahun 2013 di daerah panglima polim yang ternyata jadi daerah yang cukup hype di Jakarta Selatan.

Pada tahun 2014 Elhaus mulai bikin photoshoot dengan standart yang bagus hingga akhirnya diliput oleh salah satu media Hypebeast yang merupakan salah satu situs yang menampilkan berbagai brand-brand internasional dari berbagai penjuru dunia. Dengan kesuksesan Elhaus di kanca internasional, Edo pun berbagi tips seputar kesuksesan yang dicapai Elhaus bagi anak-anak muda yang ingin merambah dunia industri kreatif.

Menurut Edo, ada beberapa hal yang wajib dimiliki oleh orang-orang jika mau masuk ke Industri kreatif yaitu harus tahu tujuannya apa, harus autentik dan juga harus fokus ke kualitas juga. Edo menambahkan, dengan banyaknya Platform sekarang jualan lebih gampang, akan tetapi kebanyakan orang biasanya fokusnya cuma ke situ aja, tapi melupakan esensi dari produknya. Nah, sebaiknya fokus juga dengan esensi dari produk apa yang akan dijual.

Saat ini Elhaus, dijalankan oleh 9 orang karyawan yang berlokasi di Jakarta, dan dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19, menyebabkan semua timnya pun harus bekerja dari rumah (work from home). Meski demikian, Elhaus masih tetap eksis dan bertahan dalam menghadapi kondisi Pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh dunia dengan melakukan beberapa strategi yakni dengan mengurangi atau menahan sementara produksi barang, dan tetap menerapkan sistem penjualan secara online.

Kisah Eduardus Adityo atau Edo tersebut mungkin hanya salah satu kisah inspiratif dari Podcast The Spectrum Talks dan Digital Agency yang dapat menjadi motivasi untuk diri anda untuk tetap berusaha semaksimal mungkin dan menerapkan strategi agar dapat bertahan dalam kondisi apapun. Masih banyak kisah lainnya di The Spectrum Talks yang bisa anda dengarkan melalui Spotify, Apple Podcast maupun Google Podcast. Tak ada salahnya bagi anda untuk mendengarkan cerita-cerita mereka yang telah sukses sebagai motivasi untuk diri anda.

Anda bahkan dapat mendengarkan Podcast tersebut pada saat menjelang tidur atau kapanpun sesuai dengan keinginan anda. Podcast The Spectrum Talks mungkin bisa anda jadikan solusi saat ini untuk mendapatkan informasi inspiratif di tengah Pandemi Covid-19 yang dapat membangkitkan semangat anda untuk tetap semangat dalam menjalankan bisnis.

Dengarkan Spotify Spectrum Talks dari Suitmedia

Suitmedia yang berdiri sejak tahun 2009 merupakan salah satu Perusahaan digital agency yang bergerak pada bidang pemasaran digital terpadu dan konsultan teknologi yang memiliki spesialisasi di bidang web & mobile application development, serta integrated digital marketing.

Sebagai digital agency, Suitmedia yang berkantor pusat di Jakarta, saat ini juga telah memiliki beberapa kantor cabang di Bandung, Yogyakarta, dan satu kantor di luar negeri yakni di Singapura. Suitmedia bahkan juga telah membangun bekerja sama dengan ratusan klien antara lain Bursa Efek Indonesia, Astra Group, Sharp Electronics, Bank BCA, Danone Group, Wings Group, dsb. Tak hanya itu Suitmedia juga membantu mengembangkan startup teknologi terutama perusahaan yang berfokus transformasi digital di setiap lini bisnis, seperti Kitabisa, Bukalapak, Panti.id, HIJUP dan Nebengers.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Seorang Ayah Izinkan Anaknya Masuk Islam

Jangan lewatkan kisah-kisah lainnya ya. Dengarkan Podcast Spectrum Talks untuk menambah motivasi, inspirasi, dan jangan lupa ikuti juga media sosialnya di @spectrum.talks dan @suitmedia.

 

Dukung Media Ini
loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :