Penyaluran Dana Kompensasi Aliran Sutet Milik PLN Disoal Sejumlah Warga Saribuasih

1170

Simalungun, Lensawarga.com – Persoalan aliran Saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) yang dipasang PLN di Nagori Saribuasih, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun terus diperdebatkan.

Pihak PLN dan Perangakat Desa Saat Menggelar Rapat dengan Warga Saribuasih

Negosiasi soal kompensasi yang diminta warga sedikit memanas, pasalnya beberapa warga Saribuasih yang lahannya dilintasi kabel sutet menolak kompensasi yang ditawarkan pihak PLN, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga: Tak Miliki Izin dan Melanggar Perda, Satpol PP Akan Bongkar Bangunan Sarang Burung Walet di Kota Pematangsiantar

Alasan warga Saribuasih yang menolak kompensasi adalah permasalahan harga, menurut salah satu warga Saribuasih bermarga Manurung, kompesasi yang ditawarkan PLN terlalu rendah, sementara harga jual lahan di lokasi saribuasih terbilang tinggi, pastinya kami dirugikan secara sepihak

“Saya masih bingung dengan Undang-undang yang mereka terapkan soal penetapan harga kompesasi melalui KJPP, seharusnya pihak PLN menghadirkan pihak KJPP untuk membicarakan penetapan harga kompensasi, jangan masyarakat dibenturkan dengan Undang-undang ini dengan Undang-undang itu untuk memuluskan proyek mereka dengan mengorbankan rakyat kecil,” ujar Manurung.

Loading...

Sementara Pangulu Saribuasih Waster Manurung saat ditemui awak media Lensawarga.com terkait penyaluran kompensasi tersebut mengatakan, agar masyarakat bisa menjalin komunikasi yang baik.

“Bagi masyarakat yang mau menerima kompensasi silakan isi formulir yang disampaikan pihak PLN dan bagi warga yang menolak silakan mengambil jalur lain,” kata Waster Manurung.

Rapat penyaluran Kompensasi tersebut dihadiri Camat Hatonduhan Zocson Silalahi, Kapos Hatonduhan Aiptu RB Silitongah, Babinkamtibnas Aiptu RH Sianturi, Babinsa Sertu TA Napitupulu dan ratusan warga Saribuasih yang berhak mendapatkan dana kompesasi dari pihak PLN dan juga perwakilan PLN sebagai penyalur dana Kompensasi.

Warga Saribuasih Yang Hadir Memprotes Kebijakan PLN

Meski mendapat tekanan dari warga, Koordinator PLN bermarga Ompusunggu menyarankan agar warga Saribuasih yang mau menerima silakan lengkapi berkas agar dana kompensasi bisa segera disalurkan melalui rekening masing-masing, bagi yang menolak silakan ambil jalur lain,” ujar Koordinator PLN.

Baca Juga: Kapolsek Tanah Jawa Saksikan Pembagian BLT Tahap III Nagori Buntu Turunan

Tak ada titik temu soal harga kompensasi yang disalurkan PLN, namun warga yang mau menerima kompensasi tersebut, dipersilakan mengisi formulir yang sudah disiapkan untuk segera disalurkan pada September mendatang.

Dukung Media Ini
loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :