Penertiban Lapak Liar di Seputaran Kampus UMSU, Satpol PP dan Pedagang Nyaris Ricuh

Medan, Lensawarga.com – Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di bahu Jalan Mukhtar Basri Medan tepatnya didepan kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (20/10/2018) dini hari tadi, nyaris diwarnai bentrok dengan puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan.

Petugas Satpol PP Saat Menertibkan Lapak PKL di Seputaran Kampus UMSU Menggunakan Alat Berat Excavator (Beco)

Satpol PP Kota Medan dalam melakukan penertiban kepada sejumlah PKL dibantu oleh pihak Kepolisian, terlebih dahulu mengosongkan barang dagangan dari dalam bangunan dan merubuhkan kios para pedagang yang selama ini digunakan untuk berjualan.

Baca Juga : Polsek Patumbak Gerebek Kampung Narkoba Marindal Dua

Penertiban yang dilakukan hampir satu jam ini sempat diwarnai dengan aksi saling dorong dan nyaris bentrok dengan para pedagang yang mencoba mempertahankan lapak usahanya. Sejumlah pedagang dibantu mahasiswa UMSU yang berada di lokasi penertiban, berusaha menghalangi Alat Berat yang akan membongkar 12 lapak usaha mereka yang berada tepat didepan kampus UMSU Medan.

Aksi ini menimbulkan kemarahan petugas Satpol PP yang mengawal proses penertiban bangunan liar tersebut, petugas kepolisian yang berada di lokasi dapat meredam suasana keributan, meski tetap ada perlawanan dari para pedagang, proses penertiban dan penggusuran bangunan liar tersebut tetap dilaksanakan.

Loading...

Camat Medan Timur  H. Parulian Pasaribu mengatakan, penertiban ini dilakukan menyusul adanya keluhan masyarakat akibat banyaknya kios liar yang berada di jalan tersebut, yang menyebabkan arus lalu lintas macet dan membuat pemandangan kota Medan terlihat kumuh.

Baca Juga : Dibongkar Satpol PP, Tiga Bangunan Milik OKP Rata Dengan Tanah

“Penertiban ini dilakukan dalam rangka menegakkan Perwal No. 29 Tahun 2011, dimana dilarang membangun di atas trotoar, di atas parit, maupun di badan jalan,” ujar Parulian.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :