Pemkab Simalungun Gelar Pilpanag Serentak di 61 Nagori

258

Simalungun, Lensawarga.com – Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) yang diselenggarakan secara serentak di 61 Nagori yang ada di 27 Kecamatan hari ini, Rabu (12/6/2019).

Suasa Pilpanag di Nagori Marihat Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun

Sebanyak 218 orang calon Pangulu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan bertarung memperebutkan kursi Pangulu (Kepala Desa) secara demokrasi. Proses pemilihan ini tidak berbeda dengan pemilihan legislatif, kepala daerah maupun presiden.

Baca Juga : Diduga Kejar Setoran, Minibus Nyungsep ke Saluran Irigasi

Sesuai imbauan dari Bupati Simalaungun JR Saragih saat temu ramah di Pondok Persulukan kemarin, Ia menyampaikan kepada seluruh warga Simalungun agar semua dalam melaksanakan pemilihan kepala Nagori, masyarakat bisa saling menjaga kerukunan dan keamanan.

“Pangulu yang terpilih adalah pilihan rakyat, yang kalah ya harus legowo,” kata Bupati Simalungun.

Menurutnya, yang terpenting adalah harus menjaga keamanan, kenyamanan dalam hal politik.

“Jangan ada ribut-ribut, kita ingin Simalungun aman dan sejuk, perbedaan pilihan jangan di persoalkan, mau dukung siapapun di Pilpanag adalah hak rakyat,” ujarnya.

JR Saragih juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun daerahnya, khususnya di wilayah Simalungun agar menjadi lebih baik.

“Mengelola Nagori menjadi hak Kepala Desa yang terpilih, kami dari Pemkab akan berkoordinasi dengan Camat dan semua SKPD dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga Simalungun,” ujar JR Saragih.

Tak bisa dipungkiri pemilihan Kepala Nagori juga dapat menaikkan tensi politik di masing-masing Nagori yang kini sedang melangsungkan proses pemilihan.

Pantauan Lensawarga.com, Rabu (12/6/2019), di Nagori Marihat Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, antusias masyarakat untuk memilih Kepala Desa terbilang cukup tinggi. Masyarakat saling berdesakan untuk masuk ke TPS yang di sediakan panitia.

Baca Juga : Halal Bihalal Bersama Bupati Simalungun dan TGB di Parsulukan Serambi Babussalam

Pengaman dari pihak kepolisian dan Bhabinkamtibmas pun juga diperketat guna mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi di lapangan.

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :