Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pilkades Tahun 2019

Serdang Bedagai, Lensawarga.com – Pembukaan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2019 digelar di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (3/7/2019).

Kadis PMD Sergai, Ikhsan dan Para Peserta Sosialisasi Pilkades 2019

Dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para Camat Se-Kabupaten Sergai, Kasi Pemerintahan, Danramil, Kapolsek, Ketua BPD, Ketua P2KD dan instansi terkait. Kegiatan juga akan diisi dengan penyampaian materi dari narasumber Ketua Komisi A DPRD Sergai Nur Alamsyah, Kapolresta Tebing Tinggi, Kapolres Sergai, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) serta para muspika Kecamatan.

Baca Juga : Jalin Silaturahmi, PTPN IV Kebun Adolina Gelar Halal Bihalal

Loading...

Kadis PMD Kabupaten Sergai Ikhsan mengatakan, Sosialisasi Pilkades Kabupaten Sergai Tahun 2019 ini akan yang diikuti oleh sebanyak 122 Calon Kepala Desa (Cakades) akan diselenggarakan selama dua hari, mulai tanggal 3 sampai dengan 4 Juli 2019 di Aula Sultan Serdang.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar dalam pelaksanaan Pilkades di 122 Desa dari 16 Kecamatan yang ada di Sergai,” ujar Ikhsan.

Menurutnya, pemerintah desa khususnya P2KD dan BPD serta stakeholder terkait dapat memahami tugas masing-masing dan saling bekerjasama dalam menyukseskan Pilkades yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak di bulan Oktober tahun 2019 mendatang.

Asisten Pemerintahan Umum Herlan Panggabean mewakili Bupati Sergai Soekirman yang berhalangan hadir menyampaikan, berdasarkan Perda Kabupaten Sergai Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa, bahwa masa jabatan kepala adalah 6 tahun terhitung tanggal pelantikan.

“Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Masyarakat memiliki peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar Herlan.

Herlan menambahkan, bahwa Pilkades juga merupakan sarana pemersatu masyarakat, oleh karenanya masyarakat berperan sebagai subjek untuk menentukan figur pemimpin dan bukan sebagai objek yang mudah dipengaruhi.

“Selain itu, pesta demokrasi tingkat desa ini juga merupakan sarana pendidikan politik masyarakat,” ujarnya.

Pendidikan politik, lanjut Herlan, dapat diartikan sebagai usaha sadar untuk mengubah proses sosialisasi politik masyarakat tetapi dapat juga diartikan sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam menentukan jalannya suatu bangsa dan negara.

“Pada tahun 2019 ini Kabupaten Sergai akan melaksanakan Pilkades secara serentak di 122 desa pada 16 kecamatan,” ucapnya

Herlan juga menyampaikan, bahwa dalam rangka pemenuhan prinsip demokrasi, maka pelaksanaan Pilkades dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Baca Juga : Kabupaten Sergai Adakan Pemasangan 300 Titik LTSHE di Ruas Jalan Lintas Perbaungan-Sei Rampah

“Penyelenggaraan Pilkadess di Sergai dapat berlangsung demokratis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menghasilkan pemimpin pemerintah desa yang berkualitas,” pungkasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :