Peduli Palu dan Donggala, Mahasiswa USI Serahkan Bantuan Melalui Pemko Siantar

42

Siantar, Lensawarga.com – Puluhan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Simalungun (USI) yang menamakan diri Solidaritas Mahasiswa Universitas Simalungun (SOLUSI) For Palu–Donggala, mendatangi Kantor Walikota Pematangsiantar di Jalan Merdeka, Senin (08/10/2018) siang.

Koordinator Penggalangan Dana Candra Malau Serahkan Bantuan Gempa dan Tsunami Donggala-Palu Kepada Pemko Siantar

Kedatangan puluhan mahasiswa ini bertujuan menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, yang dilanda Gempa Bumi dan Tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Baca Juga : FOKUS Minta Pembina USI Lakukan Pergantian Ketua Yayasan

Rombongan mahasiswa dari USI tersebut disambut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler (Kabag Humas dan Protokoler) Hamam Soleh dan Kepala Sub Bidang Penanganan Pengungsi dan Pendistribusian Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangsiantar Rambi Manurung.

Sebelum menyerahkan bantuan, Koordinator Penggalangan Dana Candra Malau dalam keterangannya kepada pihak Pemko Pematangsiantar menjelaskan, aksi yang mereka lakukan merupakan bagian dari aksi kemanusian, yang merupakan wujud kepedulian terhadap sesama masyarakat sebangsa dan setanah air.

Loading...

“Kami sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum USI, secara spontanitas langsung bergerak melakukan penggalangan dana. Karena kami merasa, hal kecil inilah yang bisa kami perbuat untuk membantu saudara-saudari kita yang ada di Palu dan Donggala,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan pengumpulan dana selama dua hari dengan cara membuat posko di depan gerbang kampus, lalu kemudian melakukan penggalangan dana kepada para pengguna jalan yang melintas.

Aksi lainnya yaitu dengan mengamen di sejumlah titik keramaian di inti Kota Pematangsiantar. Dari aksi yang dilakukan itu, mereka berhasil mengumpulkan donasi sejumlah Rp. 4.000.000 (Empat Juta Rupiah).

Dana yang terkumpul tersebut kemudian disepakati diserahkan melalui Pemko Pematangsiantar, guna diteruskan kepada pihak yang berkompeten untuk menerima bantuan dimaksud di daerah yang terkena bencana.

Langkah penyerahan bantuan melalui Pemko Pematangsiantar tersebut menurut Candra, dilakukan karena mengingat Universitas Simalungun berdomisili di Pematangsiantar, sehingga pemerintah setempat dapat dianggap sebagai wadah yang tepat untuk jalur penyerahannya.

“USI berdomisili di Pematangsiantar, maka baik secara langsung atau tidak Pemko Pematangsiantar adalah termasuk orangtua kami, pengayom kami. Alasan itulah yang menjadi dasar pemikiran kami untuk menyerahkan bantuan ini melalui pemko Siantar,” ucapnya.

Kabag Humas Pemko Pematangsiantar Hamam Soleh mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan para mahasiswa ini.

Mewakili Pemko Siantar ia berjanji akan menyampaikan bantuan tersebut kepada pihak yang berkompeten untuk menerimanya.

Baca Juga : Polres Pelabuhan Belawan Bersama OKP Siap Dukung Pileg Dan Pilpres Damai 2019

“Kami sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan rekan-rekan dari mahasiswa USI ini. Ke depannya juga mari kita jalin kerjasama yang baik, antara pemerintah dengan mahasiswa. Kalian adalah agen perubahan dan kontrol sosial. Kami juga siap menerima saran dan kritik untuk membangun sinergitas di antara kita ke depannya,” ujarnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :