Para Kiai Pesantren Mu’adalah Temui Menteri PANRB

47

Jakarta, Lensawarga.com – Perwakilan para kiai Pimpinan Pesantren yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pesantren Mu’adalah (FKPM) menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), H Syafruddin, di kantor Kementerian PANRB, Jalan Sudirman Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Para Kiai Pesantren Mu’adalah Foto Bersama Menteri PANRB Syafruddin

Pengurus FKPM, KH Anizar Masyhadi yang ikut hadir dalam pertemuan dan mewakili para kiai tersebut mengatakan, bahwa sejatinya pertemuan ini adalah pertemuan dan kunjungan balasan.

Baca Juga : Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kirim Bahan Bangunan untuk 30 Masjid di Sulteng

“Waktu itu pada 17 April 2018 lalu, Pak Syaf masih Wakapolri. Dan dalam kapasitas beliau sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, telah berkunjung ke Pondok Pesantren Modern Tazakka,” ujarnya.

“Kami bertemu dan berdiksusi banyak tentang pengembangan pesantren bersama para kiai-kiai pengasuh pondok pesantren yang tergabung dalam FKPM,” jelas KH Anizar Masyhadi.

Loading...

Menurut Kiai muda ini, Pertemuan membahas berbagai hal untuk kemajuan lembaga pendidikan pesantren di Indonesia dan peranannya dalam pengabdian kepada agama, nusa dan bangsa.

Selanjutnya, Kiai Anizar memuji H Syafruddin sebagai tokoh yang yang punya komitmen kuat, dan akan bekerja keras menjadikan alumni pondok pesantren dapat berkiprah untuk ikut bersama komponen lainnya guna memajukan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Dewan Masjid Indonesia Kalimantan Tengah Dikukuhkan

Sementara itu, H Syafruddin mengapresiasi alumni pesantren yang mampu berkiprah di berbagai bidang. Meski demikian, dia mengaku kaget dengan fakta belum diakuinya Pesantren sebagai bagian dari satuan pendidikan formal yang diakui pemerintah Indonesia.

“Bagaimana mungkin, pemerintah tidak mengakui pesantren sementara mereka diakui di luar negeri,” kata Syafruddin di hadapan perwakilan pesantren anggota FKPM.

Hadir pada pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut Ketua Umum FKPM Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi MA (Gontor), Sekjen FKPM KH Lukman Haris Dimyati (Tremas), Presiden Pengasuh Pesantren Indonesia Dr KH Tata Taufiq (Al-Ikhlas Kuningan), Ketua Forum Pondok Alumni (FPA) Gontor Dr KH Sofwan Manaf (Darunnajah Jakarta), KH Subhan Salim (Matholi’ul Falah, Pati), Sekjen FPA Gontor KH Anang Rikza Masyhadi MA (Tazakka), Drs KH Syahid Markum (Mawaridus Salam, Medan), KH Abdul Kholiq (Assidiqiyah, Jakarta), Ketua Forum Silaturahim Kiai Muda Gus Akhomadhien Sofa serta pengurus FKPM, Ahmad Zaki MBA, Akrimul Hakim SHI dan Muh Shobirin SH.

Baca Juga : Dewan Masjid Indonesia Akan Bangun Kembali 30 Masjid Semi Permanen di Lokasi Bencana Sulteng

“Para kiai dan Menteri PANRB sepakat untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan pesantren guna mengisi program-program pembangunan bangsa. Untuk itu kami sepakat untuk melakukan pertemuan lanjutan,” tutup Kiai Anizar.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :