Neno Warisman Pakai Mik Pesawat Lion Air Berbuntut Sanksi

26

Jakarta, Lensawarga.com – Aksi Neno Warisman menggunakan PAS (Public Address System) atau mikrofon pesawat di penerbangan Lion Air berbuntut panjang. Pilot dan awak kabin dinyatakan bersalah dan akan diberikan sanksi tegas.

Neno Warisman di Pesawat

M Pramintohadi Sukarno yang saat ini menjabat sebagai Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kemenhub, memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki dan menindak tegas pelanggar aturan penerbangan sipil. Penggunaan PAS adalah salah satunya.

Baca Juga : Ngabalin: Hashtag #2019GantiPresiden “Gerakan Makar”

Pramintohadi menyatakan bahwa aksi Neno menggunakan PAS di pesawat Lion Air JT 297 Pekanbaru-Jakarta adalah tindakan yang salah. Tidak hanya Neno, Pilot In Command (PIC) dan awak kabin (Cabin Crew) juga melakukan kesalahan karena PAS dipakai penumpang.

“Terhadap PIC dan Cabin Crew akan dilakukan tindakan tegas,” tegas Pramintohadi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/08/2018).

Loading...

Plt Dirjen Perhubungan Udara itu menjelaskan bahwa PAS hanya boleh digunakan oleh awak kabin untuk menyampaikan informasi kepada penumpang. Sesuai SOP Lion Air, PAS tidak boleh dipakai penumpang untuk menyampaikan informasi yang tidak terkait operasional penerbangan.

Baca Juga : Gempa 6,2 SR Guncang NTT

Sebelumnya diberitakan, momen Neno memakai PAS atau mikrofon pesawat itu direkam oleh sejumlah penumpang, salah satunya ditampilkan oleh tvOne. Dari video, terlihat Neno menggunakan mikrofon yang biasanya digunakan oleh awak kabin atau pramugari untuk memberi pengumuman. Neno minta maaf dan bicara soal pengadangan yang dia alami.

“Pada bapak ibu dan semuanya yang jadi terhambat perjalanannya tadi, izinkan saya untuk minta maaf yang pertama walaupun bukan kesalahan saya,” kata Neno.

Baca Juga : Soal Pemulangan Neno Warisman dari Pekanbaru, Ini Penjelasan BINGempa 6,2 SR Guncang NTT

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :