Nama Becak Online ‘Beol Cepirit’ Viral, Ternyata Cuma Candaan

194

Jakarta, Lensawarga.com – Kabar bahwa becak di wilayah Jakarta bakal menjadi becak online dengan nama Beol Cepirit alias Becak Online Cepat dan Irit viral di media sosial. Istilah Beol Cepirit itu ternyata hanya candaan.

Iklan Parodi Becak Online Yang Sedang Ramai Diperbincangkan di Media Sosial

Dilansir detikcom, Keterangan tersebut disampaikan pendamping Serikat Becak Jakarta (Sebaja) yang juga Koordinator Advokasi Urban Poor Konsorsium Gugun Muhammad saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (17/11/2018). Nama Beol Cepirit itu hanya candaan.

Baca Juga : Viral Video Bocah SD di Sleman Lompat dari Lantai 3 Sekolah

Gugun menjelaskan, istilah Beol Cepirit dilontarkan Koordinator Sebaja Rasdullah saat diwawancarai media. Padahal nama itu sebenarnya tidak pernah ada, hanya candaan di kalangan mereka.

“Candaan itu. Itu candaan hari-hari kita ngobrol. Nah Pak Rasdullah kelepasan ketika wawancara,” kata Gugun.

Loading...

“Tapi candaan itu bagi Pak Rasdullah ada mimpi, ada angan-angan di balik itu. Walaupun agak kebablasan tapi saya membacanya itu ada angan-angan bahwa becak bisa sejajar dengan transportasi lain seperti Go-Jek dan Grab,” sambungnya.

Menurut Gugun, para tukang becak di Jakarta resah dengan penilaian dihadirkannya becak di Jakarta sebagai suatu kemunduran. Padahal becak bisa dimanfaatkan sebagai transportasi yang ramah lingkungan. Serikat Becak Jakarta pun berangan-angan agar becak dibuat lebih modern salah satunya dengan menghadirkan becak listrik tenaga surya.

“Ini baru dalam tahap uji coba belum berani kita launching. Belum ada unitnya, baru 1 dan masih uji coba. Kalau ini prototype udah selesai uji coba kan kami juga harus mengajukan ke Pemprov. Sebenarnya ini kan masih tetap nunggu revisi perda, sambil nunggu kita mulai kerja sama dengan UI untuk membuat prototype becak baru,” jelas Gugun.

Soal becak listrik ini, lanjut Gugun, perubahannya tidak akan drastis. Perbaikan dilakukan di sejumlah sektor khususnya kemudi untuk memudahkan para pengemudi becak.

“Setelah diteliti lebih jauh, becak Jakarta ini ternyata sistem kemudinya berat. Tapi sekali lagi ini belum selesai. Intinya salah satu perbaikan itu di sistem kemudi. Nantinya akan ada 2 tipe, yang listrik itu pakai solar panel, idenya solar panel dipasang di kap penutup penumpang sekaligus menyimpan tenaga matahari,” jelasnya.

Namun menurut Gugun, becak listrik ini dibuat tujuannya bukan untuk mempercepat laju becak. Becak listrik diciptakan untuk membantu para pengemudi becak yang sudah tua.

“Becak listrik ini tujuannya bukan untuk mempercepat laju becak. Dia memang karakter kendaraan yang harus lambat karena di lingkungan. Kalau dia cepat justru berbahaya. Kenapa ditambah listrik, ini sebenarnya untuk membantu pengemudi becak yang sudah lanjut usia supaya tidak terlalu capek. Kalau sudah capek listriknya bisa dinyalakan. Tujuannya bukan untuk mempercepat laju becak, tapi membantu mengurangi tenaga manual pengemudi,” jelasnya.

Baca Juga : Video Sandiaga Uno Melangkahi Makam, Viral di Media Sosial

Gugun menegaskan, istilah Beol Cepirit hanya candaan semata. “Ya minta maaf lah kalau itu membuat ramai teman-teman di media,” ujarnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :