Menteri PANRB Dorong BP Batam Dukung Operasional MPP - Lensa Warga
News

Menteri PANRB Dorong BP Batam Dukung Operasional MPP

Batam, Lensawarga.com – Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Syafruddin mendorong BP Batam agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan. Keberadaan Data Center yang ada di BP Batam diharapkan dapat mendukung operasional Mal Pelayanan Publik dengan lebih baik lagi.

Menteri PANRB Syafruddin

Dikatakan, peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat sudah merupakan sebuah keharusan yang harus diberikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pemberi layanan. Hal itu dapat dilaksanakan dengan mengembangkan kapasitas dan kompetensi secara konsisten, serta didukung dengan sistem IT yang handal.

“Caranya dengan memberikan pelayanan yang cepat, mudah, nyaman, dan terjangkau,” ujarnya saat memberikan arahan pada kunjungan kerja ke kantor BP Batam, di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (20/09/2018).

Baca Juga : Guru PNS Dibunuh Istrinya Sendiri

Selain dari itu Menteri PANRB Syafruddin secara khusus mendorong agar data center yang ada di BP Batam dapat menjadi komponen penting dalam pengambilan kebijakan atau Decision Support System serta dapat mendukung operasional Mal Pelayanan Publik dengan lebih baik lagi.

Menteri menambahkan, saat ini pemerintah tengah dihadapkan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yaitu dengan adanya satu pasar tunggal Asean dimana pergerakan barang dan jasa semakin bebas di kawasan Asean. Hal tersebut mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar individu antar negara yang harus diantisipasi dengan baik. Tantangan lainnya adalah revolusi industri 4.0, yang menuntut adanya integrasi pelayanan publik berbasis IT.

“Dengan berbagai macam yang tengah dihadapi bangsa kita, maka diperlukan integrasi pelayanan publik berbasis IT, dan mendorong SDM yang kompeten sesuai dengan tuntutan perkembangan global,” imbuhnya.

Baca Juga : Menteri Syafruddin Dorong Inovasi Potensial Menjadi Program Nasional

Langkah tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) guna mengatasi masalah kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dengan aksi nyata.

Sementara itu Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan bahwa pihaknya memiliki komitmen untuk selalu memperbaiki kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dibuktikan dengan membangun Mal Pelayanan Publik bersama dengan Pemprov Kepri dan Pemkot Batam, dengan harapan dapat memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mengurus segala perizinan.

Baca Juga : Kejari Medan Eksekusi PNS KPP Pratama Bintan, Terpidana Kasus Nipu Mantan Kekasih

Selain itu dirinya juga menyampaikan sebagai bentuk komitmen bersama memberikan layanan optimal, pihaknya telah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemda maupun stakeholders lainnya.

Bagikan :

Tentang Penulis

Redaksi

www.lensawarga.com

Tinggalkan Komentar