LTP Laporkan Perusahaan Rokok dan Vendor Ke Polisi

136

Siantar, Lensawarga.com – Banyaknya iklan-iklan rokok yang terpasang di setiap titik kota Pematangsiantar yang dimana jelas sudah melanggar regulasi dan ketentuan yang berlaku dan membuat seolah-olah aturan itu tidak ada artinya. Melihat hal ini Lembaga Transformasi Publik (LTP) Melaporkan salah satu perusahaan Rokok yang telah memasang plang iklan produknya di trotoar dan di tempat Fasilitas Umum.

Plank Iklan Rokok di Ttrotoar Depan Telkom Pematangsiantar

Dalam surat Laporan LTP yang di terima media ini dengan Nomor Surat: LTP/089/LAP/IX/2018 yang ditandatangani Johannes Sakti Sembiring dan ditujukan kepada Kapolda Sumatera Utara dan Polres Pematangsuantar dengan terlapor Pimpinan perusahaan rokok Galan dibawah naungan PT. GAWIH JAYA Cabang Pematangsiantar (Wismilak Grup) beserta Vendor yang melakukan pemasangan iklan Rokok tersebut.

Baca Juga : Diduga Gunakan Ijazah Palsu, LTP Laporkan Paruhum Nali Siregar

Johannes menjelaskan, pemasangan iklan rokok Merk Galan di trotoar jelas sudah menyalahi aturan perundang-undangan No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagaimana dijelaskan dalam pasal 45 ayat (1).

“Hal ini jelas ancaman pidana bagi setiap yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan, adalah pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp. 24.000.000 (dua puluh empat juta rupiah). Jadi sudah jelas regulasi yang mengatur tentu hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja,” kata Johannes saat di temui di kantornya, Selasa (16/10/2018).

Loading...

Selain pelanggaran pemasangan iklan di trotoar, perusahaan rokok Galan juga memasang iklan dekat dengan Fasilitas Umum dan jalan protokol, tepatnya di depan Universitas Simalungun Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, di depan Perusahaan Telkom Pematangsiantar Jalan WR. Supratman, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat serta di perempatan lampu merah Taman Makam Pahlawan tepat di depan Pusat Bimbingan Belajar (Bimbel) Ganesha Operation Jalan Merdeka, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur.

Plank Iklan Rokok di Ttrotoar Depan Universitas Simalungun

“Hal ini jelas tidak diperbolehkan sebagaimana yang telah diatur dalam PP 19 Tahun 2012 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan, dan tertera dalam Pasal 2 poin b BAB II tentang Penyelenggaraan Pengamanan Rokok yaitu, ‘Melindungi usia produktif dan remaja dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan untuk inisiasi penggunaan ketergantungan terhadap rokok’ dan tentang kawasan dilarang melakukan pemasangan iklan rokok seperti di fasilitas umum, tempat kerja, tempat ibadah, angkutan umum dan sarana pendidikan,” terang Johannes.

Terkait hal ini, tim media ini mencoba mendatangi kantor perusahaan rokok Galan untuk mengkonfirmasi terkait adanya laporan LTP, Namun sayang tim hanya bertemu dengan Security perusahaan.

“Tidak ada pimpinan di kantor bang, lagi di lapangan semua, tinggalkan aja nomor kontak abang nanti ku sampaikan sama pimpinan bang,” ujar Security perusahaan yang tidak ingin dicantumkan namanya.

Terpisah, Kakan Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir saat di konfirmasi lewat sambungan telepon terkait adanya pemasangan iklan Rokok di trotoar jalan mengatakan, bahwa perusahaan Rokok tersebut sudah membayar pajak.

“Mereka sudah membayar pajak,” terang Robert.

Baca Juga : Peduli Palu dan Donggala, Mahasiswa USI Serahkan Bantuan Melalui Pemko Siantar

Hal ini tentunya sangatlah aneh mengingat pemasangan iklan yang jelas melanggar peraturan, bisa membayar pajak, sehingga kuat dugaan bahwasanya pemerintah kota Pematangsiantar dan pengusaha sudah main mata dengan persoalan ini.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :