Lisensi Dicabut, Captain Vincent Raditya Masih Punya Kesempatan untuk Terbangkan Pesawat Single Engine

Jakarta, Lensawarga.com – Vlogger yang juga berprofesi sebagai Pilot yakni Captain Vincent Raditya viral di Youtube karena video manuver zero gravity. Akibatnya lisensi atau izin terbang single engine-nya dicabut.

Captain Vincent Raditya (Foto: Instagram @vincentraditya)

Meskipun lisensi Captain Vincent untuk pesawat single engine dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kesempatan Vincent untuk dapat menerbangkan kembali pesawat single engine belum hilang. Ia masih bisa mengajukan izin lagi.

Baca Juga : Ramadhan Fashion Festival dan Fashionlink Ramadhan Market Resmi Digelar

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, dalam keterangan tertulis, Rabu (29/5/2019).

“Ditjen Hubud akan memberikan kesempatan kepada Capt Vincent Raditya apabila menginginkan kembali kemampuan Single Engine Land Class Rating, maka dapat mengajukan kembali sesuai ketentuan CASR Part 61,” kata Polana.

Loading...

Permasalahan yang mengakibaktan dicabutnya Izin terbang ini bermula dari video Captain Vincent Raditya berjudul ‘PRANK !! LIMBAD BUKA SUARA AKHIRNYA – 0 Gravitasi – SATU2nya ( NO CLICK BAIT )’ yang diunggahnya bulan lalu.

Dalam video tersebut tampak Captain Vincent melakukan aksi zero gravity yang membuat Limbad akhirnya bersuara. Video zero gravity tersebut ramai dibahas di media sosial hingga ditanggapi YouTuber top lainnnya, yaitu Deddy Corbuzier hingga Cameo Project. Kemenhub kemudian memanggil Captain Vincent Raditya terkait aksinya menerbangkan Cessna 172 tersebut.

Limbad dan Captain Vincent Raditya

Dari video tersebut, Kemenhub menyatakan Captain Vincent Raditya melakukan beberapa kesalahan, yaitu membawa penumpang duduk di samping pilot (hot seat) dengan kondisi pilot ataupun penumpang tidak menggunakan shoulder harness sesuai dengan ketentuan CASR 91.105 dan CASR 91.107.

Selain itu, Vincent memberikan kendali terbang kepada orang yang tidak berwenang dan dengan sengaja melakukan manuver zero gravity (G Force) kepada penumpang umum padahal Vincent Raditya bukan pemegang otorisasi Flight Instructor.

Baca Juga : Video Viral Kapolri Sebut Masyarakat Boleh Ditembak Dipastikan Hoax

Captain Vincent Raditya adalah pilot maskapai penerbangan swasta yang selama ini juga aktif di YouTube. Dia kerap mengunggah berbagai video tentang dunia penerbangan. Hingga saat ini, Vincent punya 2,1 juta Subscriber di YouTube.

Tonton Juga, Benarkah Deddy Corbuzier Penyebab Lisensi Captain Vincent Dicabut? :

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :