Kondisi Jembatan Tua di Nagori Tangga Batu Rusak Parah, Pemkab Simalungun Tutup Mata

1205

Simalungun, Lensawarga.com – Jembatan penghubung antar dusun yang ada di Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun kondisinya semakin memprihatinkan bahkan sangat sulit dilalui kendaraan, Jumat (28/8/2020).

Kondisi Jembatan Tua di Nagori Tangga Batu Rusak Parah

Jembatan tua berumur puluhan tahun itu adalah bangunan zaman kolonial Belanda, hingga detik ini belum pernah tersentuh perbaikan oleh Pemkab Simalungun.

Baca Juga: Ada Hal yang Tersirat Saat Mubes Pangulu Se-Kabupaten Simalungun di Hotel Niagara Parapat

Kepada Lensawarga.com, Ketua Fraksi Gerindra Simalungun Bonauli Rajagukguk angkat bicara, menurutnya, kerusakan jembatan tua itu disebabkan oleh beberapa faktor.

“Yang pertama faktor usia, kita tau puluhan tahun jembatan itu tak pernah ada diperbaiki, mungkin hanya lantainya saja yang diganti. Sementara besi penahan sudah keropos di makan waktu,” kata Bonauli.

Loading...

“Faktor kedua truk bermuatan, kita juga tau dan sering mendengar jembatan tua itu seringkali dilintasi truk bermuatan over tonnase, perkebunan AFD III PTPN IV unit Balimbingan ada diatasnya,” sambungnya.

Bonauli menyebut, setiap hari mobil-mobil bermuatan kepala sawit milik PTPN IV unit Balimbingan pastinya juga sangat mempengaruhi, belum lagi mobil truk milik pengusaha tempatan, mobil loging yang dulunya kerap melintas disana.

“Minimnya perawatan yang dilakukan pihak perkebunan PTPN IV unit Balimbingan menambah parah kerusakan jembatan tua itu. Saya bermohon, karena itu jalan Pemkab Simalungun maka saya minta kepada Dinas PUPR Simalungun segera bertindak melakukan perbaikan, sebelum jembatan itu benar-benar runtuh dan memakan korban jiwa,” ujar Bonauli.

Meski demikian, dia juga akan menyampaikan kepada pihak Perkebunan PTPN IV Unit Balimbingan agar pihak perkebunan BUMN lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

“Dana CSR seharusnya bisa menyelesaikan perbaikan jembatan tua itu, saya sudah koordinasi dengan Pangulu Nagori Tangga Batu agar mengirimkan proposal ke pihak perkebunan maupun Pemkab Simalungun, pastinya saya akan mengawal proposal yang sudah dikirimkan nantinya,” kata pria yang akrab disapa Bona itu.

Baca Juga: Anggota DPRD Provinsi Sesalkan Lambannya Pengerjaan Jalan Kerasaan Menuju Perdagangan

Lebih jauh Bona menambahkan, jika tak ada tanggapan dari instansi terkait soal kerusakan jembatan tua di Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Bona akan menggelar rapat terbuka bersama Pangulu, pihak Perkebun maupun pihak PUPR Simalungun.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :