Ketua Kadin Indonesia Ajak Milenial Jangan Takut Garap Bisnis Online

38

Jakarta, Lensawarga.com – Industri digital sedang menjadi primadona saat ini khususnya di Indonesia, bahkan sekian e-commerce sudah berstatus unicorn. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani saat berada di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

Ketum Kadin Indonesia Rosan Roeslani

Menurut Rosan, Anak muda tidak perlu takut untuk memulai usaha berbasis digital. Dia juga mengungkapkan bahwa perusahaan bernilai besar saat ini merupakan perusahaan e-commerce.

Baca Juga : Danrem Baladhika Jaya Gelar Kunjungan Kerja ke Banyuwangi dan Jember

“Anak muda saya yakin lebih kreatif, bergeraklah. Kalau mau dimulailah dari sekarang, saya meyakini digital economic jadi primadona, kalau dulu perusahaan besar bergerak di minyak industri mobil, sekarang apa? Amazon, Alibaba, Google,” ujar Rosan.

Untuk persoalan modal, kata Rosan, tak perlu dikhawatirkan, selama ide perusahaan tersebut bagus, tentunya investor akan membantu. Rosan juga membandingkan pada era zaman dahulu untuk melakukan peminjaman modal ke bank butuh sekian banyak syarat.

Loading...

“Soal modal kalau dulu minjem ke bank, ditanya jaminannya apa, track record perusahaanmu apa, experience-nya apa, sekarang mudah. Sekarang, yang penting ide perusahaanmu seperti apa,” ucap Rosan.

Namun kini, lanjut Rosan, perusahaan-perusahaan besar tidak takut untuk rugi. Bahkan menurutnya unicorn Indonesia justru financialnya masih rugi, namun investor tetap ada yang mau membantunya.

“Sekarang berubah dulu perusahaan rugi nilainya turun, sekarang perusahaan rugi tapi nilainya makin tinggi. Contoh ada Gojek, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, nilainya besar mereka. Nilainya besar mereka, financingnya? Masih rugi sampai sekarang,” ujar Rosan.

Rosan lalu membeberkan, bahwa potensi alur investasi masuk ke Indonesia cukup besar. Pada Januari saja, US$1,2 miliar investasi dari luar wilayah Asia, 77% masuk Indonesia.

Baca Juga : Intip Perawatan Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton Milik Presiden Jokowi

“Investasi dari luar wilayah ke Asia 77% itu masuk ke Indonesia. Januari saja US$1,2 billion, 77% masuknya ke Indonesia,” tandasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :