Kementerian PUPR Gelar Konreg di Danau Toba

580

Simalungun, Lensawarga.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) kembali menggelar kegiatan Konsultasi Regional (Konreg) ketiga di Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Senin (24/2/2020).

Konreg Ketiga Kementerian PUPR di Hotel Niagara Parapat, Danau Toba

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 24 Februari hingga 26 Februari mendatang.

Baca Juga : Imbas Putusnya Jalan Lintas Tanah Jawa-Siantar, Kondisi Jalan Alternatif Totap Majawa Makin Buruk

Konreg rangkaian ketiga ini diikuti oleh 10 Provinsi di Pulau Sumatera, yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Adapun tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk menyusun program 2021 yang akurat, terpadu, dan dapat dilaksanakan sesuai readiness criteria dalam rangka memantapkan ketahanan pangan, sumber daya air, dan energi. Selain itu, upaya mengurangi kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pelayanan dasar, serta meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui jasa konstruksi.

Loading...

Konreg juga bertujuan agar terjalinnya sinkronisasi program Kementerian PUPR dengan disepakati dan didukung oleh Pemda serta Kementerian/Lembaga terkait. Bahan penyusunan usulan Kementerian PUPR untuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021.

Peserta Konreg terdiri dari Bappeda Provinsi, Dinas Bidang PUPR (Dinas Kebinamargaan Provinsi, Dinas Keciptakaryaan Provinsi, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air/Pengairan Provinsi, dan Dinas Terkait Perumahan Provinsi), dan Balai di Lingkungan Ditjen Sumber Daya Air (Balai Besar Wilayah Sungai).

Peserta lainnya adalah dari unsur Balai dan Satker di lingkungan Ditjen Bina Marga (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional), Satker di lingkungan Ditjen Cipta Karya (Balai Prasarana Permukiman Wilayah), dan Satker di lingkungan Ditjen Penyediaan Perumahan (SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi).

Peserta Konreg Kementerian PUPR di Danau Toba

Disamping itu, peserta mewakili Unit Organisasi/Ditjen Kementerian PUPR yang juga turut hadir yakni Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri (PAKLN) Setjen PUPR, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Bina Marga, Ditjen Cipta Karya, Ditjen Penyediaan Perumahan BPIW, dan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur.

Dalam pelaksanaan konreg, terdapat arah kebijakan pembangunan wilayah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk Kepulauan Sumatera yakni Pertama, transformasi ekonomi mewujudkan hilirisasi industri berbasis pertanian, perikanan dan tambang. Kedua, optimalisasi manfaat pembangunan jalan tol Trans Sumatera, bandara dan pelabuhan, Keriga, pengembangan kawasan ekonomi di sepanjang koridor pesisir timur Sumatera. Keempat, hilirisasi komoditas unggulan dan pusat pertumbuhan yang berorientasi ekspor dengan didukung pengembangan hub internasional di Kuala Tanjung sebagai pusat perdagangan di wilayah Indonesia Bagian Barat.

Sedangkan untuk Kawasan Strategis Prioritas 2020-2024 di Sumatera, antara lain Wilayah Metropolitan Medan, Wilayah Metropolitan Palembang, Kawasan Industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KI/KEK) Arun Lhokseumawe, KI/KEK Sei Mangkei, KI/KEK Galang Batang, KI/KEK Tanjung Api-api, KI Kuala Tanjung, KI Bintan Aerospace, KI Kemingking, KI Sadai, KI Tanjung Enim, KI Tenayan, Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Danau Toba, Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) Ranai, PKSN Sabang dan PKSN Bengkalis dan lain-lain.

Acara Konreg di Danau Toba ini dibuka oleh Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Selain itu juga diisi dengan beberapa kata sambutan dari Kepala BPIW Kementerian PUPR Hadi Sucahyono.

Turut memberikan kata sambutan yakni Kepala Pusat Pemrograman dan Evaluasi Keterpaduan Infrastruktur PUPR, BPIW, Iwan Nurwanto selaku ketua panitia, Pelaksana Sekda Provinsi Sumut, Arief S. Trinugroho dan Deputi Sarana dan Prasarana, Bappenas, Kennedy Simanjuntak. Selain itu, ada paparan dari Inspektur I, Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian PUPR, Bimo Adi Nursanthyasto.

Baca Juga : Mentan Menyambut Baik Tepung Mocaf Hasil Kreasi Poktan Mulia Tani Nagori Sahkuda Bayu

Untuk rangkaian akhir Konreg 2020 akan digelar di Manado pada 2-4 Maret mendatang yang diikuti 12 provinsi yang ada di Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :