Kekhawatiran Dubes RI: Jangan Sampai Rizieq Ditangani Lembaga Superbodi

17

Jakarta, Lensawarga.com – Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel berharap perkara Habib Rizieq Syihab yang dituduhkan pihak Arab Saudi hanya persoalan imigrasi. Karena kalau perkara tersebut masuk dalam persoalan keamanan negara, kasusnya akan langsung ditangani oleh sebuah lembaga superbodi. Hal tersebut dikatakan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulisnya, Rabu (07/11/2018).

Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel

Maftuh akan selalu intens berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait Saudi, terkait apa yang sebenarnya dituduhkan kepada MRS. Dubes berharap hanya masalah overstay saja yang merupakan pelanggaran imigrasi. Maftuh sangat khawatir jika yang dituduhkan kepada MRS terkait keamanan Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga : Beginilah Detik-Detik Penjemputan dan Penahanan Habib Rizieq oleh Intelijen Arab Saudi

“Jika ini yang dituduhkan maka lembaga yang akan menangani adalah lembaga super body Saudi yang ada di bawah Raja yang dikenal dengan Riasah Amni ad-Daulah atau Presidency of State Security,” ujar Maftuh.

Maftuh juga memastikan, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah akan selalu memberikan pendampingan kekonsuleran dan pengayoman kepada Habib Rizieq dan juga seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) para ekspatriat Indonesia yang menghadapi masalah hukum berada di Arab Saudi.

Loading...

“KBRI dan KJRI akan mewakafkan diri untuk pemihakan dan pelayanan kepada seluruh ekspatriat Indonesia di Arab Saudi,” tutur Maftuh.

Habib Rizieq dijemput polisi dan intelijen Saudi pada 5 November 2018 lalu, karena adanya bendera hitam yang terpasang di rumahnya. Bendera itu oleh warga setempat dianggap mirip dengan bendera ISIS. Habib Rizieq dibebaskan sehari setelahnya.

Untuk diketahui, sebelum kejadian penahanan ini, Habib Rizieq juga berurusan dengan aparat Saudi karena tak diperbolehkan meninggalkan negara yang dipimpin oleh Raja Salman itu. Padahal visa Habib Rizieq sudah habis sejak Juli 2018 lalu.

Baca Juga : KBRI Cek Kabar Habib Rizieq Ditangkap Polisi di Arab Saudi

Siapa yang memasang bendera tersebut di rumah Habib Rizieq? Belum jelas betul. Dimintai konfirmasi terpisah, pengacara Habib Rizieq Eggi Sudjana menyatakan kliennya sama sekali tidak terkait dengan ISIS. Menurutnya ada fitnah yang sengaja dimainkan dalam peristiwa ini.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :