Kapolres Simalungun Tinjau Langsung Kebakaran Hutan di Gunung Sipiso-piso - Lensa Warga
News

Kapolres Simalungun Tinjau Langsung Kebakaran Hutan di Gunung Sipiso-piso

Simalungun, Lensawarga.com – Kebakaran yang terjadi di hutan Sipiso-Piso Nagori Sinar Naga Mariah, Kecamatan Pematang Silimahuta, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (26/08/2018) pada pukul 19.30 WIB. Api diperkirakan jauh dari lokasi hunian masyarakat.

Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan Saat Meninjau Lokasi Kebakaran Hutan di Sipiso-piso

Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan langsung terjun ke lokasi kebakaran dan mendapati kondisi lahan kebakaran merupakan hutan pinus dan kayu alam serta padang rumput (sabana) dimana pada saat musim kemarau mengering dan mudah terbakar.

Baca Juga : Polres Simalungun Bersama Tim Gabungan Atasi Kebakaran Hutan di Gunung Sipiso-Piso

Menurut keterangan masyarakat, api pertama kali terlihat di perbukitan perbatasan wilayah Kabupaten Karo Desa Sibolangit, Kecamatan Merek dan menyebar ke wilayah Gunung Sipiso-piso Desa Sinar Nagameriah Kecamatan Silimahuta, Kabupaten Simalungun. Kobaran api sulit dipadamkan dan semakin membesar disebabkan tiupan angin yang cukup kencang sehingga api membakar kawasan hutan seluas lebih kurang 40 Hektar.

Penyebab kebakaran hutan gunung Sipiso-piso hingga saat ini masih dalam penyelidikan Polres Simalungun dan rencana tindak lanjut yang dilakukan akan tetap melanjutkan upaya pemadaman titik-titik api dengan mendatangkan alat berat untuk melokalisir dan berkoordinasi dengan Pemkab Simalungun, KPH & Daops Manggala Agni Aek Nauli dan hingga saat ini kerugian belum dapat ditaksir.

Baca Juga : Kapolda Sumut Rangkul Warga Berantas Premanisme, Narkotika dan Kemacetan Jalan

Diprediksi, Karhutla berpotensi membesar seiring puncak musim kemarau pada Agustus ini tentu ancaman karhutla dan kekeringan akan meningkat.

Bagikan :

Tentang Penulis

Redaksi

www.lensawarga.com