Kaderisasi Calon Anggota Baru, Riky: Optimis Kader SMH Indonesia Siap Tampil Jadi Pilar Supremasi Hukum di Indonesia - Lensa Warga
News

Kaderisasi Calon Anggota Baru, Riky: Optimis Kader SMH Indonesia Siap Tampil Jadi Pilar Supremasi Hukum di Indonesia

Deli Serdang, Lensawarga.com – Solidaritas Mahasiswa Hukum (SMH) Indonesia kembali gelar masa penerimaan anggota baru melalui kegiatan pendidikan dasar (PRA KDK) Angkatan ke-10. Kegiatan tersebut diadakan di Daerah Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Kaderisasi Anggota Baru Melalui Kegiatan Pendidikan Dasar (Pra KDK) Angkatan X

Kegiatan Kaderisasi calon Anggota baru lewat Pra KDK Angkatan X kali ini dilaksanakan mulai tanggal 23 hingga 25 November 2018 dan diikuti oleh puluhan mahasiswa yang yang terbagi di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Sumatera Utara.

Baca Juga : Upaya Banding Kakan BPN Sumut Penyebab Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Mangkrak

Selain diisi dengan materi baku organisasi, kegiatan ini juga dilengkapi dengan diskusi dan silaturahmi oleh sejumlah narasumber diantaranya Dede Pratama (Tokoh Pemuda Sumatera Utara), Dongan Nauli Siagian, SH (Praktisi Hukum/Advokat).

Pada kesempatan tersebut, Jakaria Simbolon (Ketua Panitia Pra KDK) mengatakan, bahwa kegiatan Pra KDK ini merupakan bagian dari rangkaian jenjang pengkaderan SMH Indonesia. Selain bertujuan mengembangkan diri di bidang minat dan bakat, kegiatan ini juga sengaja kami rancang dan polarisasi setiap tahunnya dengan sistem evaluasi sesuai dengan dinamika mahasiswa setiap tahunnya.

“Era milenial sekarang, kami menyadari bahwa generasi milenial adalah generasi yang cukup cerdas dari generasi sebelumnya,” kata Jakaria.

Akan tetapi, menurut Jakaria, justru kecerdasan saja tidak cukup jika tidak memiliki ideologi dan karakter kuat sebagai mahasiswa. Bagaimana menyikapi permasalahan bangsa jika tidak memiliki ideologi dan karakter.

“Tentu saya merasa pasti mudah terprovokasi dengan beragam isu permasalahan tanpa menganalisis dengan detail. Sehingga berangkat dari hal itu, saya bersama rekan panitia lainnya berharap nantinya kegiatan ini dapat menjadi akses bagi para mahasiswa/mahasiswi calon anggota muda SMH Indonesia untuk menjadi kader SMH Indonesia yang memiliki intelektual, berkarakter, kritis, kreatif, akuntabel serta memiliki dedikasi yang nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan negara khsususnya di Sumatera Utara,” kata Jakaria yang juga merupakan Mahasiswa Semester 5 Fakultas Hukum Universitas Al-Azhar Medan.

Ditempat terpisah, salah satu Alumni yang juga Mantan Ketua Umum SMH Indonesia Riky, SH MH juga turut menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas konsistensi yang dilakukan para pengurus beserta panitia sehingga kegiatan Pra KDK di tahun ini dapat terselenggara dengan baik.

Mantan Ketua Umum SMH Indonesia, Riky SH MH

Menurutnya, kegiatan pengkaderan yang dilakukan SMH Indonesia merupakan bagian kegiatan strategis sebagai upaya untuk melahirkan kader-kader pemimpin dimasa mendatang. Mahasiswa sebagai bagian dari pemuda, tentu memiliki peran sentral dalam pembangunan, mengingat, eksistensi suatu bangsa tidak dapat dipisahkan dari eksistensi seorang mahasiswa/pemuda yang akan berkelanjutan memegang tongkat estafet kepemimpinan nasional.

“Saya harap para peserta yang nantinya menjadi calon anggota muda SMH Indonesia dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya untuk dijadikan bekal sebagai seorang pemimpin yang memiliki intelektual, kritis, dinamis, inovatif, baik dalam hal berorganisasi maupun dalam kehidupan masyarakat,” kata Riky.

Mungkin SMH Indonesia adalah organisasi mahasiswa yang masih seumur jagung di Indonesia khususnya Sumatera Utara, ya kalau kita bandingkan organisasi kita belum seperti organisasi tua diluar sana yang sudah memiliki ratusan alumni hebat dan nama besar. Akan tetapi walaupun tergolong muda,untuk menjadi seorang pemimpin tidak harus dilahirkan dari sebuah organisasi yang besar dan tua.

Menurutnya, Pemimpin itu banyak, akan tetapi menjadi pemimpin yang memiliki prinsip yang kuat, idealisme, karakter dan peka terhadap permasalahan sosial cukup sedikit.

“Tentu untuk menjadi seorang pemimpin seperti itu kita harus mampu, bagaimana kita membranding diri kita dengan karakter serta ideologi yang kuat, seperti apa yang pernah dilakukan Bung Karno,” ujarnya.

“Saya optimis kalau SMH Indonesia kedepan juga akan mampu melahirkan alumni yang nantinya menjadi pemimpin hebat serta menjadi tokoh nasional bahkan juga menjadi Presiden di Indonesia dimasa mendatang,” sambung Riky yang juga merupakan Staf Khusus DPD-MPR RI Perwakilan Bali.

Riky juga memesankan agar SMH Indonesia terus menciptakan iklim organisasi yang transformatif dan inovatif dengan melakukan evaluasi berkelanjutan dan membenahi pengorganisasian secara internal. Hal ini menjadi catatan penting bagi Ketua umum untuk mengubah organisasi yang terus menerus tersistem dengan rapi dan dinamis sesuai dengan visi, misi, dan tata nilai dalam organisasi. sehingga nantinya dapat mencapai visi secara maksimal.

Selain itu, Ia juga mengingatkan agar SMH Indonesia juga harus tetap menjaga nilai-nilai dari ajaran Bung Karno untuk terus memperjuangkan bangsa ditengah-tengah badai permasalahan. Apalagi dengan kondisi hukum kita saat ini yang tak kunjung sembuh menuntaskan keadilan di masyarakat.

Baca Juga : Tak Sesuai Prosedur, Afrizon: Kami Akan Adukan BPN Sumut ke KPK

“Berangkat dari dinamika itulah saya minta Kader-kader SMH Indonesia secara konservatif harus kritis dan obyektif serta berani tampil untuk membuktikan konsisten dalam membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki masyarakat di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Tentu hal ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seluruh kader SMH Indonesia guna melakukan berbagai terobosan Revolusioner sebagai sentral cikal bakal dalam pembangunan hukum di Indonesia kedepan,” tandasnya.

Bagikan :

Tentang Penulis

Frengki Hutahaean

Tinggalkan Komentar