Jual Karya Rp 300 M, Kerry James Marshall Jadi Seniman Berpengaruh Dunia

27

Jakarta, Lensawarga.com – Seniman asal AS Kerry James Marshall menjadi seniman kontemporer paling berpengaruh di dunia. Hal tersebut terungkap setelah Majalah ternama ArtReview mengumumkan deretan orang-orang paling berpengaruh di dunia seni.

Kerry James Marshall

Di posisi pertama ditempati oleh art dealer David Zwirner. Sedangkan Kerry James Marshal ada di posisi kedua, yang terkenal dengan corak lukisan figuratif dan seniman yang saat ini karyanya terjual paling mahal di balai lelang Amerika.

Baca Juga : Serem, Jalan Bagaikan Sungai ini Hanya Ada di Nagori Simbolon Tengkoh

Di deretan ke 3, untuk pertama kalinya gerakan #MeeToo masuk dalam daftar berpengaruh. Dilanjutkan dengan Hito Steyerl dan seniman kontroversial asal China, Ai Weiwei.

“Ada banyak nama dari dunia seni yang mendominasi dari Amerika. Eropa tak lagi menjadi catatan yang tepat bagi seniman berpengaruh di dunia,” ujar editor JJ Charlesworth yang juga tim dewan juri.

Loading...

Nama Kerry James Marshall menjadi naik setelah P.Diddy membeli lukisannya yang berjudul ‘Past Times’. Lukisan tersebut terjual seharga $21,1 juta di balai lelang.

Tate Modern pun mengakuisisi lukisan Mashall terbaru ‘Untitled’ setelah menunggu 4 tahun bagi sang seniman untuk menyelesaikannya. Marshall dibesarkan di Los Angeles dan secara konsisten menantang sejarah seni di AS dan belahan benua lainnya.

Baca Juga : Bahaya! Krim Pembesar Payudara Ini Ternyata Ilegal

Daftar untuk seniman kontemporer yang paling berpengaruh di dunia, sebelumnya ditempati oleh Jeff Koons yang karyanya pernah dipajang di Museum MACAN Jakarta, seniman asal Inggris Damien Hirst, seniman China Cao Fei, seniman konseptual Adrian Piper, serta John Akomfrah.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :