Jamintel Jan S Maringka Berikan Kuliah Umum di USU

Medan, Lensawarga.com – Kuliah Umum Jaksa Agung Muda Intelijen Dr. Jan S Maringka di Auditorium Universitas Sumatera Utara, Rabu (6/3/2019) diikuti ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Medan.

Jaksa Muda Agung Intelijen Jan S Maringka saat Memberikan Kuliah Umum di Auditorium USU, Rabu (6/3/2019)

Materi kuliah mengusung topik “Generasi Millenial, Generasi Sadar Hukum, Kenali Hukum dan Jauhkan Hukuman.

Baca Juga : Viral, Wanita Driver Ojek Online Bawa Mesin Cuci Pakai Sepeda Motor

Loading...

Kedatangan Jamintel untuk menyampaikan kuliah umum juga mendapat sambutan dari berbagai elemen yang turut hadir dalam acara tersebut. Jamintel juga didampingi Kajati Sumut Fachrudin Siregar, Kajati Aceh Irdham, para Asisten di Kejatisu, Kabag TU, para Kajari serta undangan lainnya.

Dalam materi kuliahnya, Jan S Maringka menyampaikan tugas pokok dan fungsi kejaksaan serta beberapa bidang yang ada di lembaga penegak hukum ini, terdiri dari bidang tindak pidana umum, pidana khusus, intelijen, pembinaan dan pengawasan.

Masing-masing bidang ini, menurut Jan S Maringka saling bersinergi dalam upaya penegakan hukum di Indonesia. Upaya yang paling dikedepankan saat ini adalah upaya preventif agar masyarakat semakin sadar hukum dan menjauhkan diri dari hukuman.

Menjelang pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 17 April 2019 nanti, lanjut Jan S Maringka, kejaksaan juga masuk sebagai bagian dari Gakkumdu bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu.

“Harapan kita, generasi millenial semakin menyadari arti pentingnya berpartisipasi dalam menyalurkan hak suaranya pada Pemilu dan Pileg nanti,” ujarnya.

Dalam sesi tanya jawab, seorang mahasiswa Fakultas Hukum USU menanyakan apakah mahasiswa bisa melakukan pengawasan terhadap oknum jaksa yang nakal?

Mantan Kajati Sulawesi Selatan dan Barat ini menyampaikan bahwa sekarang eranya era keterbukaan informasi, pengawasan terhadap institusi kejaksaan selain dilakukan oleh bidang pengawasan, kejaksaan juga diawasi oleh Komisi Kejaksaan.

“Saat ini seluruh elemen masyarakat bisa menyampaikan laporan secara online (aplikasi e-Lapdu) tentang kejaksaan,” terang Jan.

Pada kesempatan itu, Jan menyampaikan bahwa bidang intelijen juga melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan yang ada ditengah-tengah masyarakat (Pakem).

Pengawasan yang dilakukan adalah sebagai upaya preventif untuk menghindari terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : Heboh! Presiden Jokowi Naik KRL Menuju Bogor, Penumpang: Nambah Gerbong Pak

“Yang pasti, institusi kejaksaan saat ini sedang melakukan reformasi birokrasi dengan mengedepankan upaya preventif kepada seluruh elemen masyarakat. Jaksa adalah sahabat masyarakat, jadi seluruh elemen masyarakat perlu diedukasi tentang hukum agar mengerti hukum, taat hukum dan menjauhi hukuman,” tandasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :