Jalan Lintas Tanah Jawa-Siantar Masih Lumpuh, Kapolres Simalungun Tinjau Lokasi Bencana

300

Simalungun, Lensawarga.com – Jalan lintas Tanah Jawa menuju Siantar masih lumpuh dan tak bisa dilalui kenderaan pasca longsor dan bajir kemarin. Polsek Resort Tanah Jawa dibantu warga setempat membuat jembatan darurat untuk pejalan kaki dan kenderaan roda dua, Jumat (18/10/2019).

TNI-Polri Membantu Warga Untuk Menyebrangi Jembatan Darurat

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu didampingi Kapolsek Tanah Jawa Kompol H Panggabean turun meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Nagori Marubun Jaya sejak kemarin.

Baca Juga : Jalan Lintas Tanah Jawa-Siantar Lumpuh Total

Bersama jajaran Polsek Tanah Jawa, Koramil dan beberapa ormas melakukan penertiban serta mengkondusifkan situasi untuk warga yang kebingungan saat menuju siantar. Terutama anak-anak sekolah yang berangkat menggunakan angkutan umum.

Kapolsek dan Satlantas Tanah Jawa juga membantu para pejalan kaki dengan membuat jembatan darurat.

Loading...

Menjelang siang, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu turun ke lokasi untuk melihat situasi yang terjadi, kehadirannya untuk memastikan keadaan dan kelancaran bagi warga yang akan pergi balik Tanah Jawa-Siantar.

Kapolsek Tanah Jawa Kompol H Panggabean mengatakan, masyarakat harus bersabar karena ini adalah musibah yang disebabkan oleh alam.

“Kami dari pihak kepolisian juga ikut bertanggung jawab untuk menertibkan masyarakat yang akan melintas, untuk anak-anak sekolah mau tidak mau harus naik turun angkot, berpindah angkutan umum sebab angkutan tak bisa lewat,” ujarnya.

“Semoga dalam waktu dekat jembatan darurat yang runtuh bisa diperbaiki secepatnya, upaya perbaikan masih dilakukan,” ujar Kapolsek.

Jalan lintas Tanah Jawa-Siantar tergolong ramai apalagi saat jam-jam sibuk, mengingat jalan alternatif dari Nagori Totap Majawa juga masih rusak pasca banjir dadakan kemarin.

Sementara jika melintas dari Bahjambi terbilang jauh untuk anak sekolah tentu tak terjangkau, ditambah kondisi jalan yang rusak banyak lobang di badan jalan.

Saat ini masyarakat dan anak sekolah yang menuju siantar harus ganti angkutan umum, tentunya hal ini akan memakan waktu lebih lama.

Perbaikan dari Bina Marga juga dikebut untuk mempercepat kelancaran pengguna jalan, diharapkan Pemprov juga harus menyerukan percepatan agar kondisi seperti ini tak berlangsung lama.

Baca Juga : Serahkan Berkas Pendaftaran Balon Bupati Humbahas, Pardo Sihite Mendaftar Ke Partai Nasdem dan PSI

Pasalnya keadaan seperti ini sudah lebih enam bulan, tentu banyak masyarakat dari kalangan pengusaha banyak yang dirugikan, roda ekonomi juga terhambat dengan lamanya proses perbaikan.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :