Intip Perawatan Sapi Kurban Seberat 1,4 Ton Milik Presiden Jokowi

Solo, Lensawarga.com – Dua ekor Sapi kurban seberat 1,4 ton dan 1,1 ton milik Presiden Joko Widodo mendapatkan perawatan khusus setiap hari.

Sapi Kurban Milik Presiden Jokowi

Kedua Sapi untuk Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran yang didatangkan dari Boyolali itu merupakan hasil ternak dari Peternakan Lembu Suro, Kecamatan Nogosari, Boyolali. Pemiliknya ialah Andi Saputro dan ayahnya, Sugeng.

Baca Juga : Usai Diperiksa Kasus Proyek e-KTP, Diah Anggraeni Irit Bicara

Loading...

Dilansir detikcom, Andi menjelaskan cara untuk beternaksupaya sapi-sapi tersebut bisa gemuk. Seperti yang dibeli Jokowi, sapi jenis simental itu selalu dimandikan dua kali sehari.

“Tidak seperti biasanya, mandinya saja dua kali sehari, pagi dan sore. Kita semprot pakai air,” kata Andi usai menyerahkan sapi di Masjid Agung Surakarta, Sabtu (10/8/2019).

Andi menambahkan, bahwa sapi tersebut juga tidak dibiarkan mencari makan sendiri, akan tetapu dijauhkan dari keramaian agar tidak stres dan juga tenang.

Sementara untuk makanannya ialah rumput-rumputan dan pakan ternak lainnya serta menambahkan garam pada pakan sebagai sumber mineral tambahan.

“Makanannya rumput, bekatul, wheat bran, ampas tahu. Pakai garam, yang bagus garam madura, untuk kandungan gizinya,” sebut Andi.

Jokowi pun, kata Andi, kembali memesan dua ekor sapi darinya untuk kurban tahun depan. Dia memperkirakan sapi untuk Jokowi nanti akan lebih besar daripada tahun ini.

Baca Juga : Danrem Baladhika Jaya Gelar Kunjungan Kerja ke Banyuwangi dan Jember

“Ada 10 pilihan saat ini, beratnya kisaran 900 kg lebih. Tahun depan pasti lebih besar daripada 1,4 ton. Barangnya bagus, warna merah,” pungkasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :