Ini Fakta-fakta Senpi Ilegal yang Coba Diselundupkan ke Kerusuhan 22 Mei

Jakarta, Lensawarga.com – Penyidikan atas kasus senjata ilegal milik eks Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko berlanjut. Polisi mengatakan bahwa senjata laras panjang yang berasal dari Aceh itu masih aktif.

Kapolri Tunjukkan Senjata Serbu M-4 yang Sedianya Dipakai pada Aksi 22 Mei

Kabar penangkapan Soenarko terkait senpi ilegal ini mencuat pada Selasa (21/5) lalu. Soenarko ditangkap atas dugaan kasus penyelundupan senjata.

Baca Juga : Polri Sebut Terduga Teroris Berencana Ledakan Bom 22 Mei 2019

Pada saat itu, Menko Polhukam Wiranto menyebut Soenarko sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan POM Guntur.

“Mayjen Soenarko ya, itu memang sudah dipanggil, diperiksa, dan sekarang sudah menjadi tersangka dan ditahan di Rutan POM Guntur dengan tuduhan memiliki dan menguasai senjata api ilegal, situasi seperti ini tidak diizinkan dan diperbolehkan,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Loading...

Baca Juga : Amankan 22 Mei, Polri Tegaskan Anggotanya Tak Dibekali Senjata Api Berpeluru Tajam

Soenarko ditangkap karena dinilai berpotensi mengancam keamanan nasional. Senjata itu diduga digunakan untuk diselundupkan ke kerusuhan 22 Mei 2019 lalu. Berikut fakta-faktanya:

Diselundupkan dari Aceh

Menko Polhukam Wiranto menjelaskan, Soenarko diduga menyelundupkan senjata yang didatangkan dari Aceh. Wiranto menegaskan memiliki senjata ilegal tidak diperbolehkan.

“Juga ada keterkaitan dengan adanya senjata gelap yang dari Aceh, yang kemudian diindikasikan diduga diminta oleh yang bersangkutan untuk sesuatu maksud tertentu yang kita tidak tahu. Tapi itu tentu melanggar hukum. Itulah yang sekarang sedang disidik kepolisian, kita tunggu saja hasilnya,” kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Wiranto menyatakan senjata ilegal yang diselundupkan Soenarko ini berkaitan erat dengan isi pernyataan mantan orang nomor satu di Korps Baret Merah itu dalam video viral tersebut, yakni mengenai aksi 22 Mei.

Baca Juga : Ini Tampang Perusuh 22 Mei di Slipi yang Diciduk, Polisi: Apa ini Santri?

“Jadi supaya tidak simpang siur ya, memang penangkapan dari Mayor Jenderal Purnawirawan Soenarko berkaitan dengan ucapan-ucapan beliau juga pada saat ada penjelasan kepada anak buahnya yang terekam dan diviralkan,” kata Wiranto.

Tonton Juga, Kapolri Tunjukkan Senjata M4 Carbine yang Disita untuk Aksi 22 Mei :

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :