I Kadek Agus Mulyawan: Kasus Pedofilia Tidak Perlu Buat Perda, Sudah Ada Lembaga Independen

Bali, Lensawarga.com – Caleg DPRD Provinsi Bali, dapil Klungkung, Nomor Urut 1, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) I Kadek Agus Mulyawan, SH.MH, turut menyoroti dugaan kasus pedofilia di salah satu Asram yang ada di dapilnya Klungkung.

I Kadek Agus Mulyawan

 

Namun nama Asram tersebut kerap ditutupi saat tersebar di media, mungkin masyarakat penasaran untuk tahu kasus tersebut, terang Tokoh Anti Korupsi yang selalu mengkampanyekan Transparansi ini.

Loading...

Baca Juga : Kemenkumham Diminta Tinjau Ulang Remisi Aktor Pembunuhan Jurnalis Prabangsa

Pengacara yang juga Politisi Partai Solidaritas Indonesia itu menjelaskan, kalau kejahatan seksual terhadap anak dianggap sebagai kejahatan luar biasa, maka penindakannya pun juga harus luar biasa atau secara khusus.

“Kejahatan ini dapat dikembangkan ke kejahatan human trafficking atau perdagangan anak di bawah umur, dengan modus anak-anak yang usianya masih di bawah umur dijual hanya sebagai pemuas nafsu saja,” ucap Agus kepada Lensawarga.com, Jumat (8/2/2019).

Agus yang sering disebut Tokoh Anti Korupsi ini menyatakan, jika benar terjadi kejahatan seksual terhadap anak, agar jangan lupa juga memikirkan nasib korban.

“Bahwa korban anak-anak harus juga direhabilitasi,” tutur Pengacara yang ikut berkiprah di politik dengan tujuan ingin ikut mengawasi kinerja pemerintah agar lebih baik.

“Kita harus sadari kemungkinan bisa jadi kekerasan seksual anak sering sewaktu-waktu terjadi di sekeliling kita, maka cara pencegahan adalah yang paling utama, bagaimana melatih secara spesifik kemampuan anak menghadapi bahaya di tempat umum, tumbuhkan disiplin diri anak tanpa ancaman dan sogokan dan hal lain yang sifatnya self protection (perlindungan diri) pada anak,” beber Agus.

Pelaku kekerasan seksual, menurut Agus, biasanya dengan sengaja memilih anak-anak rentan yang mudah ketakutan, kecanduan pujian dan mencari imbalan untuk melakukan sesuatu.

“Untuk itu biasakan untuk selalu terbuka dengan anak tentang orang-orang di sekitar, ajarkan anak mengobservasi dan peduli pada perubahan perilaku siapapun di lingkungan, orangtua bisa memulai percakapan tentang pengalamannya dalam pertemanan,” terang Agus.

Ketika ditanya untuk kasus pedofilia di Klungkung apakah perlu dibuatkan Perda?

Baca Juga : I Kadek Agus Mulyawan: Ahmad Dhani Ditahan, Bukti Kekuatan Rakyat

“Buat apa, membuang-buang anggaran untuk dijabarkan kedalam perda lagi karena peraturan hak perlindungan anak sudah jelas dan komplit bahkan diatur secara khusus serta mempunyai lembaga independen (KPAI) yang dibutuhkan jika mengetahui kasus ini, semua komponen harus bertindak cepat dan tegas, namun tetap sesuai dengan aturan, dan yang terpenting saat ini adalah segera dibuatkan program-program pencegahan kekerasan seksual di masyarakat,” tegas Pengacara pemilik Kantor Hukum Agus M and Associates ini.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :