HUT Turn Back Hoax (TBH) Ke-1, Wartawan Siap Bersinergi Bersama TNI-Polri Dalam Memerangi Berita Hoax

Medan, Lensawarga.com – Grup Wartawan Turn Back Hoax (TBH) melaksanakan perayaan hari jadinya yang ke-1 tahun, Senin (13/08/2018) pukul 10.00 WIB, di Sagar Cafe Jalan HM. Jhoni No. 44, Medan.

Ketua Panita Irwansyah Foto Bersama Peraih Piagam Penghargaan TBH Award 2018, Senin (13/08/2018) Pada Acara Perayaan HUT Ke-1 Wartawan Turn Back Hoax di Sagar Cafe Jl. HM. Joni, Medan

Perayaan anniversary HUT Grup wartawan TBH tersebut dihadiri oleh mitra kerja wartawan baik dari kalangan TNI-Polri, Pemprovsu, Pemko Medan, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB BPBD) Kota Medan, wartawan Media Televisi, para Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Cetak dan Media online serta tamu undangan lainnya.

Dalam rangkaian HUT ke-1 tahun Grup wartawan Turn Back Hoax disertai dengan penyerahan Piagam TBH AWARD 2018, yang diberikan kepada para mitra kerja baik dari kalangan TNI-Polri, Pemprovsu dan Pemko Medan yang tergabung di dalam Grup WhatsApp wartawan TBH.

Penyerahan TBH AWARD 2018 diberikan kepada Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja, Kabid TIK Polda Sumut, Kombes Pol. Rina Sari Ginting, Kasubbid PID Humas Polda Sumut, AKBP Juniar Simanjuntak, Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Dadang Hartanto, Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Kasubdit III Krimsus Polda Sumut AKBP Doni Satria Sembiring.

Kemudian, Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H. Tobing, Kapolsek Medan Barat Kompol Choky Sentosa Meliala, Kapolsek Hinai AKP Hendri Y. Sitohang, Wakapolsek Medan Kota AKP Uliy Lubis, Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Firdaus, Panit III Sabhara Medan Helvetia, Aiptu Ahmad Nizar Nasution, Kanit Reskrim Polsek Medan Baru Iptu Husein, Kanit Reskrim Polsek Patumbak Iptu Ainul Yaqin, Humas Polres Langkat AKP Arnold Hasibuan, Hums Polres Dairi Ipda Hardi H. Sianipar, Subbag Humas Polres Dairi Bripka Yogi Yanto dan Humas Polsek Medan Baru Aipda Ayatullah.

Loading...

Baca Juga : Puluhan Anak Dibawah Umur Yang Lagi “Enjoy” Terjaring Razia

Dalam sabutannya Ketua Panitia Irwansyah menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya HUT ke-1 tahun Grup wartawan Turn Back Hoax, “Saya mengapresiasi terhadap seluruh rekan-rekan wartawan yang tergabung di dalam Grup wartawan Turn Back Hoax yang mampu menyajikan berita tanpa hoax dan saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para mitra kerja baik dari kalangan TNI – Polri, Pemprovsu dan Pemko Medan yang tidak bosan-bosannya menerima telpon maupun membaca konfirmasi wartawan lewat pesan WhatsApp,” ujar Irwansyah selaku Pemred Media Online Intipos.com.

Selain itu, Ketua Grup wartawan Turn Back Hoax, Peter mengatakan terbentuknya Grup WhatsApp wartawan TBH berawal ketika sejumlah wartawan yang hendak melakukan konfirmasi tentang suatu pemberitaan kepada narasumber khususnya para pimpinan di kepolisian sangat sulit di dapatkan para rekan-rekan wartawan maka muncul lah ide dari para rekan-rekan wartawan untuk membentuk Grup WhatsApp wartawan Turn Back Hoax.

“Awalnya kita buat Grup WhatsApp wartawan Turn Back Hoax ini lantaran banyak rekan-rekan wartawan yang hendak melakukan konfirmasi tentang suatu pemberitaan sangat sulit mendapatkan informasi yang berimbang kepada narasumber khususnya para pimpinan di kepolisian. Tidak sedikit para pimpinan di kepolisian keluar dari grup TBH dan ada juga pimpinan di kepolisian yang langsung memblokir WhatsApp wartawan yang hendak melakukan konfirmasi,” sebut Peter yang merupakan wartawan Media Online Target24jam.com.

Kemudian Peter menjelaskan, dilaksanakannya HUT ke-1 tahun Grup WhatsApp wartawan Turn Back Hoax kiranya dapat menjadi momen untuk menjalin tali silaturahmi antara wartawan yang tergabung di Grup WhatsApp wartawan TBH dengan para mitra kerja untuk bersinergi dalam keterbukaan informasi publik.

“Selain merayakan HUT ke-1 tahun Grup WhatsApp wartawan Turn Back Hoax, kita juga dapat saling mengenal satu sama yang lain para wartawan yang tergabung di dalam grup TBH dan kita siap bersinergi dalam keterbukaan informasi publik,” tuturnya sembari menambahkan perayaan HUT grup TBH ini tidak sampai disini dan kegiatan ini akan menjadi kalender tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Baca Juga : Kebakaran di Pasar Petisah Medan, 5 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Hal senada juga disampaikan oleh Pemred Media Online Lensawarga.com Hanz Manurung, yang hadir dalam acara tersebut dan mengapresiasi kegiatan ini, mengingat maraknya pemberitaan hoax (berita bohong) yang beredar di beberapa situs website dan juga media sosial, sehingga kehadiran Grup WhatsApp Turn Back Hoax dapat menjadi sarana untuk saling bersinergi kepada institusi Polri dan TNI dan juga Pemerintah dalam bertukar informasi untuk memberitakan kabar yang akurat kepada masyarakat.

“Jalinan silaturahmi antara wartawan dan seluruh institusi pemerintahan harus tetap terjalin dengan baik, agar tidak terjadi miss komunikasi, sehingga setiap berita yang disajikan kepada masyarakat benar-benar akurat dan terpercaya”, ungkap Pria berambut gondrong tersebut yang juga Pemred Lensawarga.com.

Pantauan, acara Hut Ke-1 Tahun Grup Turn Back Hoax berlangsung dengan sukses dengan rangkaian hiburan tarian-tarian khas adat Sumatera Utara dan juga live music band Batak yang di arasemen dengan versi Pop-Rock.

Berikut Video Liputan HUT Turn Back Hoax Ke-1 :

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :