Humbahas Lockdown Terbatas, Warga Sambut Gembira

1133

Humbahas, Lensawarga.com – Terkait pemutusan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) mengambil keputusan Lockdown Terbatas di daerah tersebut.

Hal itu diketahui melalui postingan akun Facebook Dosmar Banjarnahor II yang diketahui merupakan akun pribadi milik Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor. Dalam postingannya dikatakan bahwa mulai tanggal 28 Maret 2020 akan dilakukan Lockdown terbatas di Humbahas

Baca Juga : Pangulu Buntu Turunan Berikan Sosialisasi Pembuatan Disinfektan Mandiri

“Dalam menangani pencegahan penyebaran Covid 19, mulai besok tanggal 28 Maret 2020 akan dilakukan Lock Down terbatas di pintu keluar masuk daerah humbahas, apabila ada kendala yg dialami masyarakat kami mohon maaf yg sebesar-besarnya. Dan dimintakan dengan sangat agar semua anak perantau utk tdk pulang ke humbahas demi keselamatan kelurga secara khusus orang tua sampai masalah virus corona mereda,” tulis Dosmar dalam postingannya.

Saat berita ini diturunkan, postingan tersebut telah dikomentari sebanyak 128 kali dan dibagikan sebanyak 265 kali. Banyak komentar yang menyambut gembira kebijakan tersebut akibat ketakutan masyarakat terhadap Covid-19 tersebut.

Loading...

“Mantap… Pak Bupati, harus benar-benar di perhatikan, jangan ada lagi yg anggap enteng mengenai penyakit ini. Banyak orang tua di HH yg rentan mengenai penyakit…,” ujar akun Herrick Siburian.

“Terimakasih pak bupati kami Dosmar Banjarnahor II atas kebijakannya pak. Tuhan memberikan hikmat bagi bapak dalam mengemban tugas beserta jajaran bapak..” komen akun Friska Irma Purba, serta masih banyak lagi akun yang mendukung kebijakan tersebut.

Dari berbagai komentar yang ada dalam postingan tersebut, Bupati Dosmar juga menjelaskan bahwa akan ada pos-pos penjagaan di setiap perbatasan Kabupaten Humbahas, antara lain Desa Nagasaribu, Kecamatan Lintong Nihuta yang berbatasan dengan Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Desa Paranginan Selatan, Kecamatan Paranginan berbatasan dengan Kecamatan Muara, Kabupaten Taput, Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung berbatasan dengan Kabupaten Dairi, Desa Tukka, Kecamatan Pakkat berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sementara ada 4 Pos penjagaan dilakukan yaitu:
1. Desa Nagasaribu, Kec. Lintong nihuta
2. Paraginan Selatan, Kec. Paraginan
3. Desa Hutajulu, Kec. Pollung
4. Desa Tukka, Kec. Pakkat,” terang Dosmar.

Lebih lanjut mengenai Lockdown terbatas ini, ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat kepada orang nomor satu di Humbahas tersebut mengatakan bahwa kebijakan tersebut sifatnya terbatas, dan tidak akan mempengaruhi ataupun membatasi masalah cadangan pangan yang akan masuk ke Kabupaten tersebut, dikarenakan fokus utama ialah mencegah agar orang dari luar daerah tersebut tidak membawa Covid-19 masuk ke Humbahas.

“Sifatnya terbatas, tidak sampai mempengaruhi masalah pangan di Humbahas, fokus utama agar orang luar tidak membawa virus Covid-19 dan begitu juga orang dari Humbahas yang bepergian ke luar daerah selama masa pandemi Covid-19 ini tidak membawa Covid-19 ke Humbahas,” terangnya.

Sementara, sampai berita ini diterbitkan, belum diketahui sampai kapan pemberlakuan Lockdown terbatas ini akan dilakukan, saat dihubungi melalui pesan singkat, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Humbahas, Hotman Hutasoit yang sekaligus Bidang Kehumasan Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Covid-19 Kabupaten Humbahas belum menjawab.

Baca Juga : Wabah Covid-19, Majelis Taklim Halimah (MTH) Indonesia Berikan Bantuan Sembako Kepada Warga Medan

Tim Lensawarga Humbahas akan lakukan update pemberitaan sampai konfirmasi selanjutnya didapatkan.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :