Hari Raya Imlek, Kapolres Pelabuhan Belawan Tinjau Pengamanan di Sejumlah Vihara - Lensa Warga
News

Hari Raya Imlek, Kapolres Pelabuhan Belawan Tinjau Pengamanan di Sejumlah Vihara

Medan, Lensawarga.com – Dalam rangka Perayaan hari Raya Imlek Tahun Baru China 2570 yang jatuh tepat pada hari Selasa (5/2/2019). Pihak Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan dan Jajarannya melakukan patroli pengamanan di sejumlah tempat rumah ibadah Vihara yang berada di wilayah hukumnya.

Kapolres Pelabuhan Belawan Tinjau Pengamanan di Sejumlah Vihara

Kegiatan tersebut dimulai sekira Pukul 07.00 WIB, guna memberikan kenyamanan umat Budha yang sedang ibadah pada tahun baru imlek yang disambut dengan senang oleh warga Thiongha atas kehadiran dari pihak kepolisian.

Baca Juga : Kapolres Pelabuhan Belawan Dampingi Kapolda Sumut Safari Jumat Barokah di Masjid Jami’ Tanjung Mulia

Keterangan dari Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis menjelaskan, Pengamanan tersebut dilakukan oleh para personil yang terlibat dalam pengamanan Vihara atau Pekong telah menempati ploting masing-masing dan melakukan sterilisasi disekitar objek pengamanan dan berkoordinasi dengan pengurus Vihara atau Klenteng.

Adapun jumlah personil pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan perayaan atau sembahyang Hari Raya Imlek di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 177 personel.

“Kita telah menurunkan beberapa personel di lapangan yang terdiri dari Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto, Kapolsek Hamparanperak Kompol Azuar, Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama dan 11 orang pelaksana serta Personil yang melakukan pengamanan di Vihara sebanyak 163 orang” ujar AKBP Ikhwan.

“Jumlah Vihara atau Klenteng yang dilakukan pengamanan diwilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan sebanyak 44 Vihara atau Klenteng yakni dari Polsek Belawan sebanyak 6 Vihara, Polsek Medan Labuhan sebanyak 30 Vihara dan Polsek Hamparan Perak sebanyak 8 Vihara,” sambungnya.

Dari 50 Vihara yang dilakukan pengamanan, sebanyak 7 vihara besar dilakukan prioritas pengamanan yang terdiri dari Vihara Hiap Thia Keng di Jalan Rupat Belawan, Pekong Thai Seng Tuah di Jalan Pelabuhan Perikanan Gabion, Pekong Kio Ong Ya di Perum Pesona Malibu Kelurahan Rengas Pulau, Pekong Siu San Keng di Jalan KL Yos Sudarso Lk. IX Kelurahan Pekan Labuhan, Pekong Sewa Cit Seng Kong Lk. V Kelurahan Besar, Vihara Purba Rama di Jalan Timah Kel. Kota Bangun dan Klenteng Budhi Kamti di Desa Paya Bakung.

“Sementara kegiatan pengamanan dilakukan oleh personel Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek jajaran dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan terlebih dahulu berkoordinasi kepada para pengurus Vihara tersebut.” kata Ikhwan.

Selain itu, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis beserta Pejabat Utama Polres Pelabuhan Belawan Kabag Ops, Kasat Intelkam AKP Sutarjo BI Manullang, Kasat Sabhara AKP Eriyanto Ginting, Kasat Lantas AKP MH Sitorus, Kanit Reskrim Polsek Medan Labuhan Iptu Bonar Pohan juga melakukan patroli dan monitoring situasi Kamtibmas perayaan Imlek diantaranya di Vihara Siu San Keng Pekan Labuhan dan Vihara Cit Seng Kong Paya Rumput.

Baca Juga : Kunjungi Rumah Singgah, Kapolda Sumut dan Kapolres Pelabuhan Belawan Beri Paket Sembako kepada Ribuan Warga

Sampai saat ini situasi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan terkait pengamanan Perayaan atau Sembahyang Imlek masih dalam keadaan aman dan baik.

Bagikan :

Tentang Penulis

Sudin Pasaribu

Tinggalkan Komentar