Harga Cabai Turun Drastis, Petani Geleng-Geleng Kepala

30

Aceh Utara, Lensawarga.com – Setelah bertengger lama di posisi harga yang tinggi, komoditas cabai merah anjlok hampir 80 persen di beberapa pasar tradisional. Hasil pantauan Lensawarga.com di pasar tradisional Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (13/11/2018) sekitar pukul 09.30 WIB, menunjukkan terjadi penurunan harga cabai yang drastis sejak akhir Oktober dan awal November.

Masyarakat Saat Membeli Cabai di Pasar Tradisional Kota Panton Labu

Seperti yang dirasakan Ahmad, pedagang di pasar tradisional Kota Panton Labu mengatakan, bahwa dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi penurunan harga yang signifikan.

Baca Juga : Pedagang Minta Pemerintah Harus Menghidupkan Pasar Tradisional di Aceh Utara

“Baru-baru ini harga cabai merah merosot turun. Biasanya Rp 40.000 per kilogram, tetapi sekarang turun menjadi Rp 12.000 per kilogram,” ujarnya.

Ia mengaku tidak tahu persis penyebab turunnya harga cabai untuk bulan ini. Bisa jadi karena pengaruh musim, atau bisa juga karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang turun. Namun pada kenyataannya, pasokan cabai merah sedang melimpah.

Loading...

“Kalau stok banyak masuk harga cabai murah Kak. Kalau stoknya sedikit yang masuk harga cabai menjadi naik karena banyak yang berebut untuk membeli cabai,” ungkapnya.

Sebagai pedagang cabai, ia mengaku lebih senang jika harga cabai turun. Sebab pelanggan tidak banyak mengeluh modal yang dikeluarkan juga tidak bertambah.

Hal sama juga diakui Pariduan, pedagang cabai di pasar Senapelan. Ia juga membenarkan harga cabai merah yang dijualnya saat ini memang turun jika dibandingkan awal tahun lalu. Menurut Pariduan untuk saat ini hanya harga cabai merah yang turun.

Penurunan harga cabai tersebut disambut positif oleh masyarakat. Salah satunya Ros, seorang pembeli cabai mengatakan, bahwa dirinya sangat senang mengetahui kabar tersebut.

Baca Juga : Harga Bahan Pokok Tidak Stabil, Pedagang Pasar Inpres Lhokseumawe Mengeluh

“Syukurlah, turun harga cabai. Jadi bisa sedikit menghemat uang belanja,” ujar Ros.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :