Habib Bahar akan Dikonfirmasi soal Ujaran Kebencian 'Jokowi Banci' - Lensa Warga
News

Habib Bahar akan Dikonfirmasi soal Ujaran Kebencian ‘Jokowi Banci’

Jakarta, Lensawarga.com – Penyidik Bareskrim Polri memanggil Habib Bahar bin Smith. Penyidik akan meminta keterangan kepada Habib Bahar berkaitan dengan ada-tidaknya unsur ujaran kebencian pada ceramah yang menyinggung mengenai ‘Jokowi Banci’.

Habib Bahar bin Smith Menghadiri Reuni 212 di Monas

“Yang jelas, kita akan mengambil keterangan terkait dengan dugaan ujaran kebencian. Sebenarnya itu tujuan penyidik Bareskrim memanggil yang bersangkutan sebagai saksi,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal M Iqbal kepada wartawan, Rabu (05/12/2018).

Baca Juga : Bila Tak Penuhi Panggilan Kedua, Polisi akan Jemput Habib Bahar

Habib Bahar dilaporkan dengan sejumlah pasal, salah satunya Pasal 28 ayat (2) UU ITE tentang ujaran kebencian terkait isu SARA dalam konten di media sosial. Penyidik akan memeriksa Habib Bahar untuk kemudian ditarik kesimpulan apakah ceramahnya mengenai ‘Jokowi Banci’ memenuhi unsur dalam pasal ujaran kebencian.

Iqbal mengatakan Habib Bahar dipanggil sebagai saksi. Kasus ini masih berada di dalam tahap penyelidikan sehingga belum ada tersangka yang ditetapkan.

“Jadi ini panggilan pertama kepada yang bersangkutan sebagai saksi. Insyaallah yang bersangkutan kan menyampaikan di beberapa media bahwa akan hadir. Kami tentu menanti,” tutur Iqbal.

Jenderal bintang dua ini mengatakan tak ada pengamanan khusus untuk Habib Bahar. Polisi percaya Habib Bahar maupun pendukungnya akan tertib.

“Tidak ada (pengamanan khusus). Sesuai dengan SOP saja. Kita yakin kok beliau kan ulama, habib lagi, insyaallah patuh hukum,” ujar mantan Wakapolda Jawa Timur ini.

Bantuan Hukum FPI Bela Habib Bahar

Bantuan Hukum FPI akan memberikan pendampingan kepada Habib Bahar. Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro akan ikut mendampingi langsung dalam pemeriksaan besok.

“Bantuan Hukum FPI akan mendampingi. Saya akan ikut besok,” tutur Sugito saat dihubungi dalam kesempatan terpisah.

Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) juga siap sedia mendampingi Habib Bahar. Ketua Dewan Pembina ACTA Habiburokhman menyatakan pihaknya dalam posisi siap sedia apabila dimintai bantuan.

“Kami jelas siap. Bila ada permintaan bantuan, kami pasti ikut mendampingi,” ujar Habiburokhman.

Baca Juga : Ini Kesimpulan Sementara Polisi soal Kasus Habib Bahar ‘Jokowi Banci’

Dalam kesempatan sebelumnya, Habib Bahar mengakui semua pidatonya, yang salah satu bagiannya menyebut ‘Jokowi banci’. Ceramah itu dilakukan di Palembang pada 2017. Menurut Habib Bahar, penyebutan ‘Jokowi banci’ itu dilatarbelakangi oleh kekecewaan lantaran Presiden Indonesia itu tak datang saat massa aksi 411 pada 2017. Meski begitu, Habib Bahar menolak minta maaf atas ceramahnya itu dan memilih menghadapi proses hukum yang berlaku.

Bagikan :

Tentang Penulis

Redaksi

www.lensawarga.com

Tinggalkan Komentar