Gerakan Sosial, Organisasi Darul Peduli Insan Pemuda Pemudi Simalungun (DPI-PPKS) Peduli dan Beri Solusi

79

Simalungun, Lensawarga.com – Darul Peduli Insan Pemuda Pemudi Kreatif Simalungun (DPI-PPKS) merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

Fuad-dan-Pengurus-Salurkan-Sembako
Fuad dan Pengurus Saat Menyalurkan Bantuan Sembako

DPI-PPKS hadir di Simalungun sejak beberapa tahun yang lalu, khususnya di Kecamatan Tanah Jawa, Jawa Maraja Bahjambi dan Hatonduhan, programnya yakni berbasis sosial kemasyarakatan, maka yang ada di dalam adalah orang-orang yang berjiwa sosial.

Baca Juga : Inilah Desa Terpencil di Papua yang Baru Pertama Kali Merayakan HUT Kemerdekaan RI

Salah satu program DPI-PPKS yang di serbu masyarakat adalah program bantuan permodalan umat madani, sedang program yang lain hanyalah program tambahan melengkapi, menambah aktivitas pengurus di tengah masyarakat.

Susunan pengurus DPI-PPKS di dominasi anak-anak muda yang notabene aktif di bidang sosial, punya kemampuan di bidang teknologi yang kreatif.

Loading...

“Peduli dan beri solusi, itulah motto dari DPI-PPKS, kami bergerak di bidang sosial, permodalan umat madani, bantuan sosial kepada masyarakat miskin, jum’at bersih, beasiswa untuk anak kurang mampu,” kata Ketua DPI-PPKS Fuad Sitompul kepada Lensawarga.com, Selasa (20/8/2019).

Fuad menambahkan, bahwa DPI-PPKS murni berbasis sosial dan pihaknya tidak pernah meminta upah di setiap kegiatan.

“Contohnya program Jumat bersih, kami 4 atau 5 orang membantu membersihkan rumah ibadah, baik itu masjid atau gereja,” imbuhnya

Selain itu, lanjut Fuad, program permodalan umat madani juga sudah berjalan, dimana program ini menjadi salah satu program unggulan.

“Kami memberikan modal kepada pelaku usaha kecil, seperti penjual gorengan, bakso, asongan, along-along dan yang lainnya,” tutur Fuad.

Contoh spesifik, kata Faud, DPI-PPKS memberikan modal kepada penjual goreng Rp 500.000, dan nantinya si Penjual akan mengembalikan modal itu dengan mencicil Rp 50.000/bulan selama 10 bulan tanpa bunga.

“Hanya kami sarankan mereka yang menjadi nasabah ketika membayar cicilan berinfaq dengan suka rela,” kata Fuad.

“Dari infaq itulah kami bisa menyalurkan program bantuan, seperti sembako kepada warga miskin, beasiswa untuk anak kurang mampu, menyantuni anak-anak yatim,” sambungnya.

Saat ditanyakan dari mana Ia mendapatkan dana permodalan umat madani?

Fuad menjelaskan, permodalan itu berasal dari donatur atau pengusaha yang punya uang dan kepedulian.

“Banyak kok mas yang ngasih, yang penting kita buat laporan keuangan, manajemennya jelas dan penyalurannya tepat sasaran. Kedepan niat kami akan membuka sebuah glosir penjualan sembako, dari sana kita bisa memasok para nasabah untuk melayani kebutuhan penjual gorengan dan yang lainnya,” bebernya.

DPI-PPKS yang diketuai Fuad Sitompul dan Pembimbing Teknis Dadang Pramono, semakin menunjukkan kredibilitas sebagai organisasi sosial.

Bahkan menurut Fuad, setiap kegiatan DPI-PPKS tak terlepas dari kendala dan masalah. Namun, semua kendala di lapangan sampai saat ini masih bisa diselesaikan.

Baca Juga : Meriahkan HUT RI Ke-74, Media Lensawarga Bersama Warga Dusun Aek Suha Gelar Berbagai Perlombaan

“Tentu dengan semangat dan pantang menyerah, sikap kepedulian itu yang kami tanamkan dapat memacu kreatifitas di tengah masyarakat,” pungkasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :