Fraksi Golkar Minta Bupati Simalungun Alokasikan Sebagian Dana Desa Untuk Kebutuhan Warga

844

Simalungun, Lensawarga.com – Fraksi Golkar DRPD Simalungun meminta Bupati Simalungun JR Saragih mengalokasikan sebagian dana Desa untuk pembelian paket sembako agar dibagikan ke masyarakat, terutama warga yang berpenghasilan pas-pasan.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Simalungun, Sugiarto

Hal ini diungkapkan Ketua Fraksi Golkar Simalungun Sugiarto saat jumpa pers dikediamannya, Senin (13/4/2020). Dirinya mewakili seluruh Anggota Fraksi dan menyampaikan pernyataan sikap atas permasalahan yang sedang melanda tanah air khususnya di Kabupaten Simalungun.

Baca Juga: Fraksi PDI Perjuangan, Jamanat Sihite Bagikan Masker Pada Masyarakat

“Terkait Covid-19 yang menjadi Pandemi global yang kian meresahkan dan juga pembatasan aktivitas masyarakat, kami menilai, masyarakat saat ini dihadapkan dengan berbagai masalah terutama masalah ekonomi imbas dari wabah Covid-19 yang semakin besar dan menyebar ke pelosok desa serta dusun,” ujar Sugiarto.

Dia juga menambahkan, meski Kabupaten Simalungun saat belum dinyatakan positif terkena virus Corona, tapi pengaruh pembatasan aktivitas yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah untuk memutus mata rantai wabah Covid-19, berimbas pada perekonomian masyarakat, terutama masyarakat yang hidupnya mengandalkan pekerjaan buruh bangunan, buruh pabrik pedagang kecil, tukang ojek, sopir angkot dan yang lainnya.

Loading...

“Tentunya mereka yang berpenghasilan pas-pasan, tak mampu menutupi kebutuhan ekonomi keluarga, pada akhirnya keresahan masyarakat dan kekhawatiran semakin meningkat,” ujarnya.

“Untuk pencegahan sah-sah saja, misalkan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, mengontrol suhu tubuh. Namun jika mereka harus kelaparan dan tak bisa beraktivitas, tentu hal ini akan berdampak ke hal-hal yang negatif, seperti penjarahan, pencurian atau perampasan barang dan juga tindak kriminal lainnya, dikarekan mereka tak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya,” terang Ketua Fraksi DPRD Simalungun.

Sugiarto juga menegaskan kepada Pemerintah Kabupaten dalam hal ini saudara Bupati Simalungun JR Saragih agar segera mengambil kebijakan yang lebih tanggap, dengan memberikan akomodasi kepada seluruh Kepala Desa dan Kelurahan Se-Kabupaten Simalungun dengan mengucurkan sebagian Dana Desa untuk pembelian paket sembako.

“Jika dirupiahkan kira-kira Rp. 500.000 untuk dibagikan kepada masyarakat yang dinilai layak menerima. Jika dihitung-hitung misalkan satu desa ada 400 KK maka desa hanya mengeluarkan 200 juta, untuk kebutuhan masyarakat, itupun Kepala Desa akan mempertimbangkan tingkat kelayakan masyarakatnya,” ujar Sugiarto.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi DPRD Simalungun itu menjelaskan, sikap Fraksi Golkar sudah diaminkan oleh Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani saat diskusi di kantor DPRD Simalungun beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Wabup Simalungun Tinjau Persediaan Bulog

“Kami akan melakukan RDP terkait permasalahan ini, dan kami harapkan saudara Bupati Simalungun segara melakukan tindakan yang komparatif untuk kepentingan masyarakat luas dan kita bisa secepatnya keluar dari masalah Covid-19 ini,” pungkasnya.

loading...
Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :